Pengembangan modul penunjang ukbm sub bidang seni musik bagi siswa kelas xi mia 1 man 2 tulungagung / ULFA FAUZIAH - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul penunjang ukbm sub bidang seni musik bagi siswa kelas xi mia 1 man 2 tulungagung / ULFA FAUZIAH

Fauziah, Ulfa Fauziah (0000) Pengembangan modul penunjang ukbm sub bidang seni musik bagi siswa kelas xi mia 1 man 2 tulungagung / ULFA FAUZIAH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran berbasis SKS di MAN 2 Tulungagung menerapkan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) sebagai bahan ajar utama. Penggunaan UKBM Seni Budaya di kelas XI MIA 1 tanpa adanya bahan ajar lain sebagai penunjang membuat siswa hanya terkurung dalam materi UKBM semata. Ditambah adanya pembelajaran secara mandiri membuat siswa kurang meminati pembelajaran yang berlangsung. Dibuktikan wawancara dengan Guru Pengampu Seni Budaya dan KKM dengan nilai minimal 75 hanya 60% siswa yang dapat menuntaskannya. Hal tersebut melatar belakangi penelitian ini untuk mengembangkan media penunjang UKBM berupa Modul Konsep Musik Barat. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Modul Konsep Musik Barat untuk menunjang UKBM yang ada di kelas XI MIA 1 MAN 2 Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode Research and Development (R amp D) yang telah dimodifikasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara validasi ahli dan uji coba produk. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif dari penilaian hasil validasi dan data uji coba. Data kualitatif dari hasil saran-saran yang diberikan validator. Validasi dilakukan oleh 4 validator ahli yaitu ahli materi ahli desain ahli bahasa dan ahli pembelajaran. Subjek uji coba adalah seluruh siswa kelas XI MIA 1 MAN 2 Tulungagung. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul penunjang yang dihasilkan valid atau layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Rincian skor hasil validasi ahli materi diperoleh 95% dengan kategori sangat valid/sangat layak. Validasi ahli desain 82 5% dengan kategori sangat layak/ sangat valid. Validasi ahli bahasa 95% dengan kategori sangat layak. Validasi ahli pembelajaran diperoleh presentase hasil 92 5% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil uji coba penggunaan modul penunjang dapat meningkatnya hasil post test yaitu 88 4% dibandingkan hasil pre test 71 6%. Kesimpulan penelitian ini adalah modul penunjang UKBM sub bidang seni musik bagi siswa Kelas XI MIA 1 MAN 2 Tulungagung yang dikembangkan valid dan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan menjadi berbagai bentuk seperti video maupun aplikasi pembelajaran lain yang lebih mengikuti perkembangan jaman dan teknologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/181546

Actions (login required)

View Item View Item