Penerapan model inkuiri terbimbing pada pembelajaran fisika pokok bahasan kalor dan asas Black untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-5 SMAN 02 Batu tahun ajaran 2009/2010 / Dewi Khoirina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model inkuiri terbimbing pada pembelajaran fisika pokok bahasan kalor dan asas Black untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-5 SMAN 02 Batu tahun ajaran 2009/2010 / Dewi Khoirina

Khoirina, Dewi (2010) Penerapan model inkuiri terbimbing pada pembelajaran fisika pokok bahasan kalor dan asas Black untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-5 SMAN 02 Batu tahun ajaran 2009/2010 / Dewi Khoirina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khoirina Dewi. 2010. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Kalor Dan Asas Black Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X-5 SMAN 02 Batu Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wartono M.Pd (II) Drs. Mudjihartono Kata Kunci Model Inkuiri Terbimbing Hasil Belajar. Berdasarkan observasi awal pada kelas X-5 SMAN 02 Batu nampak bahwa pembelajaran masih terpusat pada guru siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Siswa pada umumnya hanya aktif dalam mengerja-kan tugas yang biasanya dikerjakan secara individu. Hal ini berarti partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dirasa masih kurang karena pembelajaran masih terpusat pada guru hasil belajar siswapun masih banyak yang dibawah KKM hal ini disebabkan metode pembelajaran yang sering digunakan oleh guru adalah metode ceramah pemberian latihan soal dan tugas. Salah satu model pembelajaran yang dapat memperbaiki proses pembelajaran di kelas X-5 tersebut adalah model inkuiri terbimbing. Model inkuiri terbimbing (guided inquiry) merupakan kegiatan inkuiri dimana masalah dikemukakan oleh guru atau bersumber dari buku teks kemudian siswa bekerja untuk menemukan jawaban terhadap masalah tersebut dibawah bimbingan dari guru. Penelitian bertujuan untuk menjawab pertanyaan (1) Bagaimana keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing siswa kelas X-5 SMAN 02 Batu. (2) Apakah hasil belajar siswa kelas X-5 SMAN 02 Batu meningkat setelah diterapkan model inkuiri terbimbing . Subyek penelitian adalah siswa kelas X-5 SMAN 02 Batu tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah 39 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kua-litatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan untuk hasil belajar aspek afektif dan aspek psikomotorik menggunakan angka 1-3 dan keterlaksanaan model inkuiri Terbimbing menggunakan persentase. Untuk hasil belajar aspek kognitif diguna-kan rentang 0-100 dari hasil tes siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing telah terlaksana dengan baik pada siklus I persentasenya 90 33% dan dapat dikategorikan baik pada siklus II persentasenya 98 33% dan dapat dikate-gorikan sangat baik. Pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dapat meni-ngkatkan Hasil belajar siswa yang terdiri dari (a) Hasil belajar aspek kognitif dari rata-rata sebesar 44 3 sebelum tindakan meningkat menjadi 61 9 pada siklus I dan meningkat menjadi 68 9 pada siklus II. (b) Hasil belajar aspek afektif meningkat dari siklus I sebesar 67 86 menjadi 77 94 pada siklus II. (c) Hasil belajar aspek psikomotorik meningkat dari siklus I sebesar 71 4 menjadi 78 18 pada siklus II Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelaja-ran dengan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar fisika sis-wa kelas X-5 SMAN 02 Batu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18154

Actions (login required)

View Item View Item