Susieni (2010) Pembelajaran berbasis inkuiri model siklus belajar untuk meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar fisika siswa kelas 8D SMP Negeri 18 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Susieni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Susieni. 2010. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Model Siklus Belajar untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas 8D SMP Negeri 18 Malang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhardjito M. S (II) Drs. Asim M. Pd Kata kunci inkuiri siklus belajar keterampilan proses prestasi belajar Berdasarkan pengamatan pada kelas 8D SMP Negeri 18 malang tampak bahwa pada saat pembelajaran berlangsung siswa cenderung ramai ketika diajak melakukan praktikum siswa tampak senang tetapi ada beberapa siswa yang belum mengerti nama alat dan cara menggunakan alat tersebut sehingga siswa tidak dapat mengambil data secara benar dan teliti. Hal ini mengindikasikan bahwa keterampilan proses siswa masih rendah. Dari hasil ulangan materi Bunyi nilai rata-rata kelas 8D hanya mencapai 54 4. Hal ini mengindikasikan bahwa prestasi belajar siswa masih rendah karena nilai rata-rata yang di capai masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70 0. Rendahnya keterampilan proses dan prestasi belajar siswa ini diatasi dengan cara mengubah pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran inkuiri berbasis model siklus belajar. Model siklus belajar ini memiliki lima tahapan yang terencana dan terarah yaitu pendahuluan (engagement) eksplorasi eksplanasi elaborasi dan evaluasi. Dampak pembelajaran berbasis inkuiri model siklus belajar terhadap peningkatan keterampilan proses dan prestasi belajar fisika siswa diteliti dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I pokok bahasan perambatan cahaya dan cermin datar. Siklus II pokok bahasan cermin cekung dan cermin cembung. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) LKS dan media pembelajaran. Adapun instrumen yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi keterampilan proses tes prestasi berbentuk soal obyektif dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran siklus belajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan peningkatan semua aspek keterampilan proses yang diajarkan dari siklus I ke siklus II. Prestasi belajar fisika siswa juga mengalami peningkatan sebesar sebesar 14 6 point dari nilai rata-rata ulangan pada siklus I 65 4 menjadi 80 0 pada siklus II dengan peningkatan persentase jumlah siswa yang tuntas belajar dari 42 5% pada siklus I menjadi 80% di akhir siklus II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18151 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |