Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif fisika siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 5 Malang / Mochammad Samsul Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif fisika siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 5 Malang / Mochammad Samsul Arifin

Arifin, Mochammad Samsul (2010) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif fisika siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 5 Malang / Mochammad Samsul Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifin Moch. Samsul. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa Kelas XI IPA 6 SMA Negeri 5 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA UM. Pembimbing (1) Drs. Asim M.Pd. (2) Drs. Purbo Swasono M.Si. Kata Kunci Student Teams Achievement Division (STAD) Motivasi Hasil Belajar kognitif. Berdasarkan pengamatan awal di SMA Negeri 5 Malang metode yang sering digunakan pada saat pembelajaran mata pelajaran fisika adalah metode ceramah jumlah siswa yang telah tuntas belajar hanya 1 siswa dari 34 siswa siswa berbicara dengan teman sebangku ketika pelajaran berlangsung siswa jarang mencatat kurang aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan mengirim pesan singkat (SMS) dan lain-lain. Berdasarkan pengamatan awal dapat dikatakan bahwa siswa kurang termotivasi dan hasil belajar kognitifnya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif fisika siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 5 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan penelitian penerapan tindakan observasi dan refleksi. Tindakan yang diberikan pada siklus I dan siklus II berupa penerapan skenario pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang terdiri dari lima langkah yaitu 1) tahap penyajian materi 2) tahap kegiatan kelompok 3) tahap tes individual 4) tahap penghitungan skor perkembangan individu dan 5) tahap pemberian penghargaan kelompok. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran lembar kerja siswa soal tes angket dan lembar observasi kegiatan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar kognitif mengalami peningkatan setelah diberi tindakan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Peningkatan persentase motivasi belajar ditunjukkan dengan meningkatnya persentase motivasi belajar secara keseluruhan yaitu 70 7% (Siklus I) menjadi 79 1% (siklus II). Peningkatan persentase motivasi belajar secara keseluruhan diikuti peningkatan persentase motivasi belajar tiap indikator meliputi perhatian dari 71 3% (siklus I) menjadi 79 5% (siklus II) keterkaitan dari 69 1% (siklus I) menjadi 76 5% (siklus II) keyakinan diri dari 70 3% (siklus I) menjadi 78 8% (siklus II) kepuasan dari 72 1% (siklus I) menjadi 81 4% (siklus II). Hasil Belajar Kognitif fisika siswa juga menunjukkan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18150

Actions (login required)

View Item View Item