Gany, Afriani Bhajo (2010) Penerapan pembelajaran integrated model emggunakan nahan ajar IPA terpadu untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan prestasi belajar siswa kelas VII-D SMP Laboratorium UM Malang / Afriani Bhajo Gany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Gany Afriani B. 2010. Penerapan Pembelajaran Integrated Model Menggunakan Bahan Ajar IPA Terpadu untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII-D SMP Laboratorium UM Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lia Yuliati M.Pd (2) Drs. Agus Suyudi M. Pd Kata Kunci bahan ajar IPA Terpadu integrated model kemampuan memecahkan masalah prestasi belajar Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas VII-D SMP Laboratorium UM Malang ditemukan bahwa pembelajaran IPA dilaksanakan terpisah-pisah menjadi fisika kimia dan biologi. Prestasi belajar siswa rendah. Ini diduga karena siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran integrated model menggunakan bahan ajar IPA terpadu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tindakan berupa penerapan pembelajaran integrated model menggunakan bahan ajar IPA terpadu. PTK ini terdiri dari dua siklus dengan dua pertemuan di siklus I dan satu pertemuan di siklus II. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP Laboratorium UM Malang yang berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi catatan lapangan lembar kerja siswa (LKS) dan lembar penilaian prestasi belajar siswa. Instrumen pembelajaran terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan bahan ajar IPA terpadu. Teknik pengumpulan data meliputi observasi wawancara catatan lapangan dan tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif yaitu analisis statistik deskriptif. Dari hasil analisis data pada siklus I didapatkan persentase keterlaksanaan aktivitas guru dan murid sebesar 96 67 % dan 82 36 % kemampuan memecahkan masalah sebesar 60 92 % dan prestasi belajar siswa sebesar 36 11 %. Pada siklus II didapatkan persentase keterlaksanaan aktivitas guru dan murid sebesar 97 56 % dan 92 78 % kemampuan memecahkan masalah sebesar 88 37 % dan prestasi belajar siswa sebesar 61 11 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran integrated model menggunakan bahan ajar IPA terpadu berlangsung sangat baik. Kemampuan memecahkan masalah siswa meningkat sebesar 27 45 % dan prestasi belajar siswa meningkat sebesar 25 00 %.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jul 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18148 |
Actions (login required)
View Item |