Kristanto (2010) Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema cahaya siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pakisaji / Kristanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kristanto. 2010. Pengembangan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Cahaya untuk Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pakisaji. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Supriyono Koes H. M.Pd MA (2) Drs. Triastono Imam P. M.Pd Kata kunci paket IPA Terpadu konstruktivisme tema cahaya Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi secara tegas dinyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA untuk SMP/MTs merupakan IPA terpadu. Di lain pihak penelitian ahli pendidikan di Malang menunjukkan bahwa kebutuhan guru terhadap bahan ajar terpadu benar-benar mendesak seiring diberlakukannya pembelajaran IPA Terpadu. Hasil pangamatan lapangan beberapa toko buku di Malang juga menunjukkan belum adanya buku IPA SMP yang dirancang secara benar-benar terpadu. Oleh karena itu peneliti berusaha mengembangkan Paket IPA Terpadu. Sasarannya adalah tersusunnya Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Cahaya untuk Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Pakisaji yang layak dan Panduan Guru Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Cahaya untuk Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Pakisaji yang layak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan metode Borg dan Gall. Langkah-langkah pengembangan dalam penelitian ini terdiri dari 5 langkah yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan bentuk awal produk (4) uji lapangan awal dan (5) revisi produk utama. Kelayakan paket IPA Terpadu dan panduan gurunya diukur dengan instrumen yang diisi oleh 2 dosen IPA (fisika dan biologi) dan 2 guru IPA SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Cahaya memperoleh nilai rata-rata 3 60 yang berarti layak. Panduan Gurunya memperoleh nilai rata-rata 3 70 yang berarti layak. Walaupun Paket IPA Terpadu dan Panduan Guru Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Cahaya layak paket dan panduan guru masih perlu diuji secara eksperimen tentang keefektivannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jul 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18147 |
Actions (login required)
View Item |