Hadi, Deri May Nur (2010) Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan prestasi belajar fisika pada siswa kelas XI-IPA3 SMA Negeri 1 Kepanjen Kabupaten Malang / Deri May Nur Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hadi Deri May Nur. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI-IPA3 SMA Negeri 1 Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Wartono M.Pd (II) Drs. Agus Suyudi M.Pd. Kata Kunci Cooperative script Prestasi belajar Upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan menyiapkan siswa agar memiliki hubungan sosial yang sehat akhir-akhir ini banyak dikembangkan melalui pembelajaran kooperatif. Salah satunya adalah cooperative script. Sejumlah studi tentang cooperative script ini telah konsisten menemukan bahwa siswa yang belajar dengan cara ini dapat belajar dan mengendapkan materi lebih banyak daripada siswa yang membuat ringkasannya sendiri atau mereka yang hanya sekedar membaca materi pelajaran itu. Tujuan dari penelitian ini tidak lain untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI-IPA3 SMA Negeri I Kepanjen. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahaptahap penelitian tindakan berupa siklus spiral yang meliputi kegiatan 1) perencanaan 2) pemberian tindakan 3) observasi dan 4) refleksi yang membentuk siklus demi siklus sampai penelitian tuntas sehingga diperoleh data yang dapat dikumpulkan sebagai jawaban dari permasalahan penelitian. Dalam penelitian ini akan dilakukan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan Prestasi belajar siswa kelas IX-IPA3 SMA Negeri I Kepanjen setelah diterapkan model pembelajaran cooperative script diperoleh peningkatan pada prestasi belajar dengan nilai ratarata 71 2 pada siklus I menjadi 76 62 pada siklus II dan ini sudah berada di atas Standar Kelulusan Sekolah yaitu 75 serta ada peningkatan pada tingkat ketuntasan siswa dari sebelum tindakan ke siklus I kemudian ke siklus II adalah dari 20 59% menjadi 35 29% kemudian menjadi 73 53% siswa yang tuntas belajar dan hasil ini telah memenuhi persentase ketuntasan belajar siswa di SMA Negeri I Kepanjen yang hanya 70%. Diharapkan pada penelitian selanjutnya pembelajaran dapat menggunakan model cooperative script terhadap hasil belajar untuk kondisi latar belakang permasalahan yang sama pada kelas yang akan diteliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18139 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |