Pengembangan paket IPA terpadu berbasis kontruktivisme dengan tema bunyi untuk siswa kelas IX SMP Negeri 8 Malang / Inung Diah Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket IPA terpadu berbasis kontruktivisme dengan tema bunyi untuk siswa kelas IX SMP Negeri 8 Malang / Inung Diah Kurniawati

Kurniawati, Inung Diah (2010) Pengembangan paket IPA terpadu berbasis kontruktivisme dengan tema bunyi untuk siswa kelas IX SMP Negeri 8 Malang / Inung Diah Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawati Inung Diah. 2010. Pengembangan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruksitisme dengan Tema Bunyi untuk Siswa Kelas IX SMP Negeri 8 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Supriyono Koes H. M.Pd M.A (2) Drs. Triastono Imam P. M.Pd Kata kunci konstruktivisme paket IPA terpadu tema bunyi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 secara tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/MTs merupakan IPA Terpadu. Di sisi lain hasil penelitian Koes H. (2008 32) terhadap pengembangan paket IPA Terpadu di wilayah Malang Raya tahun 2008 menunjukkan bahwa 35 dari 37 guru IPA atau 94 6% menyatakan bahwa mereka membutuhkan paket IPA Terpadu untuk pembelajaran IPA SMP. Selain itu hasil wawancara dengan salah satu guru IPA SMP Negeri 8 Malang diketahui bahwa pembelajaran IPA sudah menerapkan kurikulum IPA terpadu. Tetapi dalam pelaksanaannya materi masih disajikan secara terpisah-pisah antara fisika biologi dan kimia. Guru IPA SMP Negeri 8 Malang merasa kesulitan dalam merancang mempelajaran IPA terpadu. Oleh sebab itu diperlukan paket IPA terpadu untuk membantu pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu. Pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema bunyi untuk siswa kelas IX SMP Negeri 8 Malang dan panduan pelaksanaan bagi guru. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Langkah penelitian pengembangan yang diterapkan pada penelitian ini adalah (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan bentuk awal produk (4) uji lapangan awal dan (5) revisi produk utama. Kelayakan Paket IPA Terpadu dan Panduan Guru Paket IPA Terpadu dengan tema bunyi ditentukan dari hasil penilaian yang dilakukan oleh 2 dosen MIPA UM dan 2 guru IPA SMP Negeri 8 Malang. Instrumen yang digunakan berupa angket kelayakan. Instrumen ini tidak dikembangkan sendiri tetapi diambil dari penelitian Koes H. 2009. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket penilaian sedangkan data kualitatif berupa tanggapan kritik dan saran dari tim penilai dan hasil keterbacaan siswa kelas IX SMP Negeri 8 Malang. Hasil penilaian dari dosen dan guru IPA SMP Negeri 8 Malang menunjukkan bahwa Paket IPA Terpadu dengan Tema Bunyi memperoleh nilai rata-rata 3.72 yang berarti layak. Sedangkan Panduan Guru Paket IPA Terpadu dengan Tema Bunyi memperoleh nilai rata-rata 3.76 yang berarti layak pula. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Paket IPA Terpadu dan Panduan Guru Paket IPA Terpadu dengan Tema Bunyi telah dinilai layak. Agar dapat digunakan sebagai panduan dan sumber belajar bagi siswa SMP Kelas IX khususnya di SMP Negeri 8 Malang disarankan agar dilakukan penelitian eksperimental terhadap paket IPA terpadu dan panduan guru untuk diketahui keefektivitasannya. Dengan demikian diperoleh paket dan panduan guru yang teruji secara empiris. Disarankan pula pengembangan paket IPA terpadu dan panduannya dapat dilakukan dengan tema yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18138

Actions (login required)

View Item View Item