Peningkatan kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Kepanjen Kabupaten Malang tahun ajaran 2009/2010 / Fiqi Nurhayati Anisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Kepanjen Kabupaten Malang tahun ajaran 2009/2010 / Fiqi Nurhayati Anisa

Anisa, Fiqi Nurhayati (2010) Peningkatan kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Kepanjen Kabupaten Malang tahun ajaran 2009/2010 / Fiqi Nurhayati Anisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anisa Fiqi Nurhayati. 2010. Peningkatan Kemampuan Bertanya dan Prestasi Belajar Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kepanjen Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Sutarman (II) Drs. Asim M.Pd. Kata kunci Inkuiri Terbimbing kemampuan bertanya prestasi belajar fisika Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas VIII A SMP Negeri 4 Kepanjen Kabupaten Malang diperoleh data saat pembelajaran berlangsung interaksi antara guru dan murid serta rasa keingintahuan siswa kurang jarang dari siswa yang mengajukan pertanyaan kepada guru sehingga siswa cenderung bersifat pasif karena metode yang sering digunakan oleh guru adalah metode ceramah. Guru menyampaikan materi secara lisan dan terkadang memberikan cacatan sedangkan siswa hanya mendengarkan sambil mencatat. Metode ceramah yang diterapkan oleh guru dapat menghambat rasa keingintahuan siswa tentang materi-materi fisika. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk lebih dapat menumbuhkan rasa keingintahuan siswa adalah model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing memungkinkan siswa untuk bersedia mengajukan pertanyaan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing sehingga dapat meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas VIII semester II di SMP Negeri 4 Kepanjen Kabupaten Malang tahun ajaran 2009/2010 (2) Mengetahui apakah kemampuan bertanya siswa kelas VIII A semester II di SMP Negeri 4 Kepanjen Kabupaten Malang Tahun ajaran 2009/2010 dapat meningkat hingga mencapai kriteria baik (60% - 79%) setelah diterapankan model pembelajaran Inkuiri terbimbing (3) Mengetahui Apakah prestasi belajar siswa kelas VIII A semester II di SMP Negeri 4 Kepanjen Kabupaten Malang tahun ajaran 2009/2010 dapat meningkat setelah diterapankan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan observasi wawancara dan tes. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII A di SMP Negeri 4 Kepanjen Kabupaten Malang dengan jumlah siswa 34 orang. Hasil analisis pada siklus I dan siklus II menunjukkan kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII A semester II SMP Negeri 4 Kepanjen Kabupaten Malang mengalami peningkatan. Kemampuan bertanya siswa mengalami peningkatan yaitu dari 19 67 61477 pada siklus I menjadi 70 40 61477 pada siklus II. Sedangkan peningkatan prestasi belajar fisika siswa dapat dilihat dari meningkatnya gain skor ternormalisasi yaitu dari 0 61 pada siklus I menjadi 0 77 pada siklus II. Peningkatan kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika siswa diatas dipengaruhi oleh peningkatan keterlaksanaan pembelajaran yaitu dari 64 17% pada siklus I menjadi 91 67% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18132

Actions (login required)

View Item View Item