Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis salingtemas dengan tema air limbah rumah tangga untuk siswa SMP kelas VII / Nuril Munfaridah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis salingtemas dengan tema air limbah rumah tangga untuk siswa SMP kelas VII / Nuril Munfaridah

Munfaridah, Nuril (2010) Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis salingtemas dengan tema air limbah rumah tangga untuk siswa SMP kelas VII / Nuril Munfaridah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Munfaridah Nuril. 2010. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis Salingtemas dengan Tema Air Limbah Rumah Tangga untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (II) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed Ph.D. Kata kunci pengembangan bahan ajar IPA Terpadu Salingtemas air limbah rumah tangga Menurut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang digunakan di sekolah saat ini mata pelajaran IPA SMP mencakup tiga bidang kajian yaitu kimia fisika dan biologi. Pembelajaran tiga bidang kajian tersebut dilakukan secara terpadu namun bahan ajar IPA Terpadu belum banyak tersedia di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar IPA Terpadu berbasis Salingtemas yang dapat digunakan oleh siswa SMP kelas VII serta mengukur kelayakan bahan ajar tersebut.Tema yang digunakan dalam bahan ajar ini adalah Air Limbah Rumah Tangga. Dalam tema ini terdapat 3 Standar Kompetensi (SK) dan 3 Kompetensi Dasar (KD). Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan (Research and Development) yang dikemukakan oleh Borg dan Gall tahun 1983. Langkah-langkah yang dilakukan meliputi studi pendahuluan pengembangan draf produk penilaian draf produk dan revisi draf produk. Penilaian draf produk dilakukan oleh dua dosen dari bidang fisika dan kimia serta guru IPA SMP. Penilaian untuk mengukur kelayakan bahan ajar menggunkan angket terbuka. Kriteria kelayakan bahan ajar menggunakan rentangan skala. Hasil penelitian ini berupa bahan ajar IPA Terpadu berbasis Salingtemas dengan tema air limbah rumah tangga yang dapat digunakan oleh siswaSMP kelas VII. Bahan ajar hasil pengembangan berupa buku ajar dalam bentuk teks 58 halaman yang terdiri dari bagian pendahuluan isi dan akhir. Bagian pendahuluan terdiri dari cover daftar isi/gambar indikator hasil belajar dan peta konsep. Bagian isi terdiri dari materi bahan ajar dan lembar kegiatan siswa serta bagian akhir terdiri dari rangkuman soal evaluasi kunci jawaban glosarium dan daftar pustaka. Secara umum bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sangat layak dengan nilai 3 26 dari skala 1-4. Nilai ini diperoleh dari rata-rata nilai kelayakan isi kelayakan penyajian dan komponen-komponen yang terdapat dalam bahan ajar. Keunggulan bahan ajar yang dikembangkan meliputi (1) sesuai dengan tuntutan kurikulum yang diinginkan di SMP saat ini yaitu KTSP (2) mengajak siswa mengkonstruk pengetahuannya sendiri karena di dalam bahan ajar ini banyak terdapat kegiatan praktikum (3) penjelasan mengenai konsep tertentu diawali dengan contoh-contoh yang ada dalam kehidupan sehari-hari peserta didik dan (4) pembahasan tema dilakukan secara terpadu. Kekurangan bahan ajar yang dikembangkan adalah (1) tema kurang luas dan (2) pada bagian akhir materi masih nampak karakter dari masing-masing bidang kajian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18129

Actions (login required)

View Item View Item