Firmansyah, Danny (2010) Upaya peningkatan kerja ilmiah dan pemahaman konsep fisika melalui penerapan model pembeljaran siklus belajar materi listrik dinamis siswa kelas X-4 semester genap tahun ajaran 2009/2010 SMA Negeri 6 Malang / Danny Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Firmansyah Danny. 2010. Upaya Peningkatan Kerja Ilmiah dan Pemahaman Konsep Fisika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar Materi Listrik Dinamis Siswa Kelas X-4 Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010 SMAN 6 Malang. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kadim Masjkur M.Pd. (II) Drs. Sirwadji Kata Kunci kerja ilmiah pemahaman konsep siklus belajar . Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas X-4 SMAN 6 Malang diperoleh informasi bahwa selama proses pembelajaran guru memberikan materi fisika dengan metode ceramah dan diskusi kelas. Nilai UTS fisika semester 2 belum ada yang tuntas. Rata-rata 50 53 dengan nilai tertinggi 60 dan terendah 25. Standar kelulusan minimal 70. Metode praktikum dan diskusi kelompok kecil jarang diterapkan. Metode praktikum yang diterapkan belum bisa melibatkan siswa aktif sehingga kemampuan kerja ilmiah siswa meliputi melakukan pengamatan menggunakan alat praktikum melakukan praktikum mengumpulkan data menyusun dan melaporkan hasil praktikum dan diskusi kemampuan bertanya dan kemampuan menjelaskan belum pernah diamati dan pemahaman konsep fisika siswa rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan kerja ilmiah siswa dan pemahaman konsep fisika siswa adalah model pembelajaran Siklus Belajar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan pemahaman konsep fisika siswa kelas X-4 melalui penerapan model pembelajaran Siklus Belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Tindakan yang diberikan adalah penerapan model Siklus Belajar. Penelitian dilakukan di SMAN 6 Malang kelas X-4 terdiri dari 35 siswa terdiri dari 18 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran rubrik kemampuan kerja ilmiah siswa dan pemahaman konsep fisika siswa melalui pretes dan postes. Kemampuan kerja ilmiah dikatakan berhasil jika tiap aspek telah mencapai 70% dari skor maksimal. Pemahaman konsep dikatakan berhasil jika terjadi peningkatan nilai gain score siswa dari siklus I dan siklus II Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Siklus Belajar dapat meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan pemahaman konsep fisika siswa kelas X-4 SMAN 6 Malang. Kemampuan kerja ilmiah siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 27 68 %. Pemahaman konsep mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 8 37.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jul 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18120 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |