Ekawati, Yuli (2010) Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Dagangan Madiun / Yuli Ekawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ekawati Yuli. 2010. Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ) dan Kecerdasan Emosional (EQ) Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Dagangan Madiun Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA UM. Pembimbing (I) Drs. Bambang Tahan Sungkowo M.Pd (II) Drs. Mudjihartono. Kata kunci kecerdasan intelektual kecerdasan emosional prestasi belajar fisika IQ dan EQ adalah sumber-sumber daya sinergis tanpa yang satu yang lain menjadi tidak sempurna dan tidak efektif. IQ hanyalah salah satu unsur pendukung keberhasilan seseorang keberhasilan seseorang tergantung pada kemampuan memadukan IQ dan EQ. Begitu pula dalam kaitannya dengan keberhasilan belajar siswa yang tercermin dalam prestasi belajar fisika juga tidak lepas dari peranan IQ dan EQ. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh IQ dan EQ terhadap prestasi belajar fisika serta mengetahui sumbangan yang lebih besar antara IQ dan EQ terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Dagangan Madiun Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel yang terlibat dalam penelitian ini adalah kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional sebagai variabel bebas serta prestasi belajar fisika sebagai variabel terikat. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Dagangan. Pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Kelas sampel yaitu X-A X-C X-D dan X-F yang berjumlah 120 siswa.Instrumen yang digunakan adalah tes kecerdasan emosional dalam bentuk skala Likert untuk memperoleh data EQ sedangkan data IQ dan prestasi belajar fisika diperoleh dari dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut (1) secara parsial IQ mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar fisika ditunjukkan dari nilai thitung 7.788 1 98 (t117 0 05) (2) secara parsial EQ mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar fisika ditunjukkan dari nilai thitung 3.018 1 98 (t117 0 05) (3) secara simultan IQ dan EQ mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar fisika yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung 43.447 3.0764 (F2 117 0.05 ). Nilai adjusted R2 sebesar 0.416 ini berarti prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA N 1 Dagangan Madiun dipengaruhi oleh IQ dan EQ sebesar 41.6%. Dari nilai Sumbangan Efektif (SE) dan Sumbangan Relatif (SR) dapat diketahui variabel mana yang lebih berpengaruh terhadap variabel terikat. Nilai SE dan SR IQ masing-masing 34.21% dan 81.55% yang lebih besar dari nilai SE dan SR EQ masing-masing besarnya 7.39% dan 18.45%. Hal ini berarti IQ lebih berpengaruh daripada EQ terhadap prestasi belajar fisika bagi siswa kelas X SMA Negeri 1 Dagangan Madiun.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jul 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18117 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |