Penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual model studen teams achievement division (Stad) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika kelas XI SMA Negeri 7 Malang / Anindya Noviantari Devi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual model studen teams achievement division (Stad) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika kelas XI SMA Negeri 7 Malang / Anindya Noviantari Devi

Devi, Anindya Noviantari (2010) Penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual model studen teams achievement division (Stad) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika kelas XI SMA Negeri 7 Malang / Anindya Noviantari Devi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Devi Anindya Noviantari. 2010. Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual Model Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI Sma Negeri 7 Malang. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Purbo Suwasono M.Si (II) Drs. Mudjihartono. Kata kunci STAD pendekatan kontekstual motivasi hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada Februari sampai maret 2010 di kelas XI IPA-3 SMA Negeri 7 Malang diketahui bahwa motivasi belajar fisika siswa sangat rendah yang ditandai dengan banyak siswa yang mengobrol saat KBM berlangsung ada juga yang sedang bermain handphone bahkan siswa yang duduk di belakang sedang tidur serta hasil belajar fisika siswa rendah yaitu hanya sebesar 53.13% siswa yang mencapai standar ketuntasan minimal yaitu 70. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu tindakan perbaikan adalah dengan penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual model Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motiva-si dan hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendes-kripsikan penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual model STAD dalam upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA-3 SMA Negeri 7 Malang. Penelitian ini mengacu pada model penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Setiap siklus terdiri atas 5 jam pelajaran. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas XI IPA-3 semester genap tahun ajaran 2009-2010 SMA Negeri 7 Malang yang berjumlah 32 siswa. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa moti-vasi dan hasil belajar kognitif dan afektif siswa serta data pendukung berupa aktivitas guru dan catatan lapangan. Motivasi belajar siswa diukur berdasarkan peningkatan rata-rata persentase motivasi belajar siswa dan taraf keberhasilan tindakan sedangkan hasil belajar kognitif siswa diukur berdasarkan selisih skor antara pre test dan post test serta ketuntasan belajar siswa pada masing-masing siklus. Untuk hasil belajar afektif diukur berdasarkan nilai rata-rata tiap siklus dan taraf keberhasilan tindakan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes lembar observasi motivasi siswa afektif aktivitas guru dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian motivasi belajar siswa meningkat dari 49.94% menjadi 68.27% daya serap klasikal aspek kognitif meningkat dari 60.71% menjadi 96.43% nilai rata-rata aspek afektif juga meningkat dari 72.43 menjadi 76.97. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual model STAD dapat meningkatkan motivasi belajar fisika dan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA-3 SMA Negeri 7 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18116

Actions (login required)

View Item View Item