Khasanah, Tinta (2010) Penerapan penilaian berbasis kelas dalam pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa kelas VII D SMP Negeri 8 Malang / Tinta Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Khasanah Tinta. 2010. Penerapan Penilaian Berbasis Kelas dalam Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa kelas VII D SMP Negeri 8 Malang. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhardjito M.S (II) Sugiyanto S.Pd M.Si Kata kunci Penilaian berbasis kelas pembelajaran berbasis masalah kemampuan berpikir kritis hasil belajar Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 8 Malang diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini diduga disebabkan oleh kecenderungan guru hanya menggunakan metode ceramah dan diskusi. Guru jarang menggunakan metode eksperimen. Selain itu guru masih menggunakan model penilaian time-restiched model yang hanya dilakukan setelah proses pembelajaran selesai. Aspek yang dinilai hanya aspek kognitif saja tidak menyentuh aspek afektif dan psikomotorik serta kemampuan berpikir kritis. Sangat penting untuk diajukan suatu alternatif model pembelajaran dan penilaian yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan penilaian berbasis kelas pada pembelajaran berbasis masalah dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis serta hasil belajar fisika siswa kelas VII D SMP Negeri 8 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan yang diberikan pada penelitian ini berupa penerapan penilaian berbasis kelas pada pembelajaran berbasis masalah. Pelaksanaan penilaian berbasis kelas terintegrasi dengan pelaksanaan pembelajaran masalah yang meliputi 5 tahap yaitu (1) mengorientasikan siswa pada masalah (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar (3) membimbing penyelidikan individu dan kelompok (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penilaian dilaksanakan pada semua proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 8 Malang dengan jumlah 42 siswa yang terdiri dari 25 siswa putri dan 17 siswa putra. Pokok bahasan yang dibelajarkan adalah kalor dengan rincian materi kalor dan perubahan suhu hubungan kalor dengan jenis zat perubahan wujud zat dan perpindahan kalor. Instrumen penelitian yang digunakan berupa rubrik penilaian yang meliputi penilaian kemampuan berpikir kritis hasil belajar yang meliputi aspek afektif kognitif dan psikomotorik lembar observasi keterlaksanaan penilaian berbasis kelas dan pembelajaran berbasis masalah. Instrumen tindakan yang digunakan meliputi LKS dan RPP. Penerapan penilain berbasis kelas dalam pembelajaran berbasis masalah dapat terlaksana dengan baik dengan persentase keterlaksanaan semakin meningkat selama siklus I II dan III. Kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar mengalami peningkatan selama siklus I II dan III.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18115 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |