Rizkia, Ramadhoni Zahrotur (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay rwo stray (TSTS) berbasis praktikum untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA MA Assalam Selopuro Blitar / Ramadhoni Zahrotur Rizkia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rizkia Ramadhoni Zahrotur. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray (TSTS) Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Ilmiah dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA MA Assalam Selopuro Blitar. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Haryoto M.Pd. (II) Drs. Bambang Tahan Sungkowo M.Pd. Kata Kunci model Two Stay Two Stray berbasis praktikum kemampuan kerja ilmiah prestasi belajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas XI IPA MA Assalam Selopuro Blitar diperoleh informasi bahwa selama proses pembelajaran guru memberikan materi fisika dengan metode ceramah dan diskusi kelas. Metode praktikum dan diskusi dengan teman sebaya belum pernah diterapkan sehingga kemampuan kerja ilmiah siswa meliputi melakukan pengamatan menggunakan alat praktikum melakukan praktikum mengumpulkan data menyusun dan melaporkan hasil praktikum dan diskusi kemampuan bertanya dan kemampuan menjelaskan belum pernah diamati dan prestasi belajar fisika siswa rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan kerja ilmiah siswa dan prestasi belajar fisika siswa adalah model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbasis praktikum. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA MA Assalam Selopuro Blitar melalui penerapan model pembelajaran TSTS berbasis praktikum. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Tindakan yang diberikan adalah penerapan model TSTS berbasis praktikum. Penelitian dilakukan di MA Assalam Selopuro Blitar dengan subjek penelitian kelas XI IPA dengan jumlah 21 siswa terdiri dari 17 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran rubrik kemampuan kerja ilmiah siswa dan tes tulis. Kemampuan kerja ilmiah dikatakan berhasil jika tiap aspek telah mencapai 70% dari skor maksimal. Prestasi belajar dikatakan berhasil jika ketuntasan belajar telah mencapai 75% dari seluruh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA MA Assalam Selopuro Blitar. Kemampuan kerja ilmiah siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 29 47 %. Prestasi belajar mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 18 33 %.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18110 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |