Nurjannah, Intan (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dengan menggunakan metode eksperimen untuk meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial dan prestasi belajar fisika kelas VII-B SMPN 14 Malang / Intan Nurjannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nurjannah Intan. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Berinteraksi Sosial Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VII-B SMPN 14 Malang. Skripsi Pogram Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Dwi Haryoto M.Pd (2) Drs. Purbo Suwasono M.Si Kata kunci pembelajaran kooperatif model STAD metode eksperimen kemampuan berinteraksi sosial dan prestasi belajar Hasil observasi dan wawancara informal dengan guru fisika kelas VII-B SMPN 14 Malang menunjukkan bahwa pembelajaran fisika masih sering dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan jarang sekali guru mengajak siswa melakukan praktikum maupun diskusi kelompok. Kemampuan interaksi sosial siswa masih rendah diantaranya ditunjukkan dengan siswa yang cenderung individual tidak aktif dalam menjawab pertanyaan dan kurang berani menanggapi pendapat teman. Prestasi belajar fisika siswa masih rendah ditunjukkan dengan ketuntasan belajar fisika siswa hanya mencapai 55 81 % dengan SKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 65. Pembelajaran kooperatif merupakan strategi belajar dimana siswa belajar dalam kelompok kecil. Dalam pengelolaan pembelajaran kooperatif dua atau lebih individu saling tergantung satu sama lain untuk mencapai suatu penghargaan bersama. Pembelajaran kooperatif memliki beberapa model diantaranya adalah model pembelajaran STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII-B SMPN 14 Malang dengan penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Tindakan yang diberikan berupa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dengan menggunakan metode eksperimen. Tahapan pelaksanaan penelitian ini dimulai dari observasi awal kemudian dilakukan refleksi awal. Setelah itu dilanjutkan dengan menyusun rencana tindakan yang disusul dengan pelaksanaan rencana tindakan observasi dan refleksi. Tahapan pelaksanaan tersebut dilakukan hingga siklus kedua. Prestasi belajar fisika yang dimaksud dalam penelitian ini adalah prestasi belajar fisika siswa pada ranah kognitif yang meliputi tiga aspek yaitu pengetahuan pemahaman dan penerapan. Data diperoleh dari hasil tes individu yang dilaksanakan setiap tahap studi kelompok dalam pembelajaran STAD selesai. Sedangkan kemampuan interaksi sosial siswa diukur dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dengan menggunakan metode eksperimen mampu meningkatkan kemampuan interaksi sosial dan prestasi belajar fisika siswa. Pada siklus I kemampuan interaksi sosial siswa mencapai 60 08 % dan pada siklus II meningkat menjadi 84 76 %. Nilai rerata fisika siswa pada siklus I mencapai 63 33 dengan persentase ketuntasan 61 90 % dan meningkat menjadi 70 83 dengan persentase ketuntasan 76 19 % pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18101 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |