Pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan bertanya siswa dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII MTs Al Maarif 01 Singosari Malang / Umu Salamah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan bertanya siswa dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII MTs Al Maarif 01 Singosari Malang / Umu Salamah

Salamah, Umu (2010) Pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan bertanya siswa dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII MTs Al Maarif 01 Singosari Malang / Umu Salamah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Salamah Umu. 2009. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Bertanya dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII MTs Al Maarif 01 Singosari Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika. FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Subani (2) Drs. Eddy Supramono Kata kunci model problem based learning kemampuan bertanya siswa prestasi belajar fisika siswa. Siswa MTs Al Maarif 01 mayoritas tinggal di pesantren. Lingkungan tempat tinggal ini berdampak pada rendahnya kemampuan bertanya siswa. Hal ini mengakibatkan siswa pasif selama pembelajaran di kelas. Prestasi belajar fisika siswa juga menjadi perhatian dalam pembelajaran. Usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa dan prestasi belajar fisika siswa adalah dengan menerapkan berbagai inovasi dan variasi model pembelajaran. Untuk itu perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh penerapan model tertentu terhadap kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika siswa. Salah satu pilihannya adalah model problem based learning. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1)mengetahui apakah kemampuan bertanya siswa di kelas dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari kemampuan bertanya siswa di kelas kontrol pada kelas VIII MTs Al Maarif 01 Singosari (2)mengetahui apakah prestasi belajar fisika siswa di kelas dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari prestasi belajar fisika siswa di kelas kontrol pada kelas VIII MTs Al Maarif 01 Singosari. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Dua sampel diperoleh tidak secara acak. Untuk prestasi belajar fisika dilakukan pretest dari nilai UTS Genap Tahun Pelajaran 2008/2009 untuk mengetahui bahwa kelas yang digunakan mempunyai kemampuan yang sama. Dua kelas sampel yang mendapatkan perlakuan berbeda. Kelas eksperimen menerapkan model Problem Based Learning (PBL) sedang kelas kontrol menerapan model Direct Instruction (DI) pada materi cahaya. Kemampuan bertanya siswa diukur selama proses pembelajaran berlangsung dan prestasi belajar fisika sebagai posttest diukur melalui hasil tes tulis materi cahaya. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran rubrik penilaian kemampuan bertanya dan tes prestasi belajar fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan bertanya siswa di kelas dengan penerapan model PBL sama dengan rata-rata kemampuan bertanya siswa kelas kontrol pada kelas VIII MTs Al Maarif 01 Singosari Malang. Rata-rata prestasi belajar fisika siswa di kelas dengan penerapan model PBL lebih baik dari rata-rata prestasi belajar fisika siswa kelas kontrol pada kelas VIII MTs Al Maarif 01 Singosari Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18099

Actions (login required)

View Item View Item