Hubungan antara kemampuan dasar matematika dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar fisika siswa SMP Negeri 3 Ponorogo / Tatas Lukyto - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kemampuan dasar matematika dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar fisika siswa SMP Negeri 3 Ponorogo / Tatas Lukyto

Lukyto, Tatas (2010) Hubungan antara kemampuan dasar matematika dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar fisika siswa SMP Negeri 3 Ponorogo / Tatas Lukyto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lukyto Tatas. 2009. Hubungan Antara Kemampuan Dasar Matematika dan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMP Negeri 3 Ponorogo.Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Subani (II) Drs. Parno M.Si Kata Kunci Kemampuan Dasar Matematika Kebiasaan Belajar Prestasi Belajar Fisika. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat korelasional. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh variabel kemampuan dasar matematika kebiasaan belajar dan prestasi belajar fisika unit cahaya. Penelitian ini menggunakan dua variabel bebas serta sebuah variabel terikat. Pemilihan variabel bebas seperti yang disebutkan di atas berdasarkan asumsi bahwa prestasi belajar fisika unit cahaya siswa akan meningkat apabila memiliki kemampuan dasar matematika dan kebiasaan belajar yang baik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 6 kelas dengan jumlah 240 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 80 siswa. Analisa data menggunakan analisa deskriptif yang terdiri dari harga rata-rata dan simpangan baku yang dilanjutkan analisa regresi. Analisa regresi untuk mengetahui koefisien korelasi variabel bebas dan terikat. Selain itu juga untuk mengetahui sumbangan relatif dan sumbangan efektif variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan pengaruh positif antara variabel bebas dengan variabel terikat. Besarnya pengaruh dari masing-masing variabel bebas terhadap variabel presstasi belajar fisika siswa ditunjukkan oleh sumbangan efektif. Besar sumbangan efektif tiap variabel bebas terhadap kriterium yaitu 6.4774% untuk kebiasaan belajar dan 9.5448% untuk kemampuan dasar matematika. Hal ini menunjukkan bahwa variabel bebas kemampuan dasar matematika memberikan kontribusi lebih besar terhadap prestasi belajar fisika dibandingkan dengan kebiasaan belajar. Jika dikombinasikan antara kemampuan dasar matematika dan kebiasaan belajar selanjutnya dilakukan analisa regresi maka besarnya pengaruh total dari kedua variabel bebas terhadap prestasi belajar fisika unit cahaya yaitu sebesar 16% dari keseluruhan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar fisika unit cahaya. Untuk sisanya yang sebesar 84% belum dapat dijelaskan karena berasal dari faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18071

Actions (login required)

View Item View Item