Rahmatin, Alfiah (2009) Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kebakaran hutan untuk siswa SMP Negeri 1 Malang / Alfiah Rahmatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 tahun 2006 secara tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/MTs merupakan IPA Terpadu. Namun pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Malang belum dilaksanakan secara terpadu. IPA masih dibelajarkan secara terpisah-pisah antara mata pelajaran fisika dan biologi. Oleh sebab itu diperlukan bahan ajar/paket IPA Terpadu untuk membantu pelaksanaan pembelajaran IPA Terpadu. Pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kebakaran hutan untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Malang dan panduan guru paket IPA Terpadu. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini mengikuti langkah-langkah penelitian pengembangan sebagaimana saran Gall dan Borg dalam Koes H. (2008) yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan bentuk awal produk (4) penilaian produk dan (5) revisi produk. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket kelayakan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kebakaran hutan dan panduan guru yang diisi oleh penilai. Jenis data berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari analisis skor rata-rata angket skala Likert sedangkan data kualitatif berupa tanggapan saran dan kritik dari penilai serta hasil uji keterbacaan paket IPA Terpadu tema kebakaran hutan oleh siswa. Paket IPA Terpadu yang dikembangkan didasarkan pada prinsip konstruktivisme dan memiliki tema kebakaran hutan. Paket IPA Terpadu tema kebakaran hutan menyajikan materi fisika biologi dan kimia secara terpadu. Berdasarkan hasil uji kelayakan paket IPA Terpadu memperoleh skor rata-rata 3 77 dan panduan guru mendapat skor rata-rata 3 66 yang berarti sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA Terpadu kelas VII SMP. Berdasarkan saran tanggapan dan kritik dari penilai paket IPA Terpadu tema kebakaran hutan dan panduan guru direvisi satu kali. Paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kebakaran hutan sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA Terpadu kelas VII SMP. Akan tetapi karena paket belum diuji secara eksperimental maka disarankan dilakukan uji eksperimen terhadap paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kebakaran hutan dan panduan guru agar diketahui keefektifannya terhadap peningkatan kompetensi IPA siswa SMP. Selain itu pengembangan paket IPA Terpadu dan panduannya juga dapat dilakukan dengan tema yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18053 |
Actions (login required)
View Item |