Studi tentang kemampuan mahasiswa pendidikan fisika tahun akademik 2007-2008 dalam mengembangkan instrumen penilaian proses dan hasil belajar siswa SMA / Agung Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang kemampuan mahasiswa pendidikan fisika tahun akademik 2007-2008 dalam mengembangkan instrumen penilaian proses dan hasil belajar siswa SMA / Agung Susanto

Susanto, Agung (2009) Studi tentang kemampuan mahasiswa pendidikan fisika tahun akademik 2007-2008 dalam mengembangkan instrumen penilaian proses dan hasil belajar siswa SMA / Agung Susanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pembelajaran. Penilaian berfungsi untuk mengukur pembentukan kompetensi dan menentukan tindakan yang harus dilakukan apabila kompetensi dasar belum terbentuk atau belum tercapai. Sejalan dengan KTSP yang berbasis kompetensi penilaian hendaknya dilakukan berdasarkan apa yang dilakukan peserta didik selama proses pembelajaran dan pembentukan kompetensi. Oleh karena begitu pentingnya penilaian dalam pembelajaran maka kompetensi dalam melaksanakan penilaian ini harus dimiliki oleh Mahasiswa Pendidikan Fisika sebagai calon guru khususnya kemampuan dalam mengembangkan instrumen penilaian. Pengembangan instrumen penilaian ini meliputi pengembangan indikator pencapaian hasil belajar pengembangan indikator penilaian pengembangan instrumen penilaian proses belajar dan pengembangan instrumen penilaian hasil belajar. Indikator pencapaian hasil belajar dikembangkan berdasarkan Kompetensi Dasar (KD) yang telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Indikator penilaian dikembangkan berdasarkan indikator pencapaian hasil belajar yang telah dikembangkan dari KD. Indikator penilaian ini harus operasional sehingga mudah digunakan untuk melakukan pengukuran. Pengembangan instrumen penilaian proses belajar yang berupa lembar observasi berisi tentang aktivitas-aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung.Aktivitas-aktivitas belajar ini dikembangkan berdasarkan indikator penilaian proses belajar yang telah ditetapkan sebelumnya. Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar terdiri dari soal pilihan ganda soal menjodohkan soal benar-salah soal isian singkat dan soal uraian. Soal-soal tersebut dikembangkan berdasarkan indikator penilaian hasil belajar yang telah ditetapkan sebelumnya. Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Fisika Tahun Akademik 2007-2008 dalam mengembangkan instrumen penilaian proses dan hasil belajar diukur berdasarkan pengetahuan Mahasiswa Pendidikan Fisika tentang pengembangan instrumen penilaian dan kualitas instrumen penilaian yang telah dikembangkan.Data pengetahuan tentang pengembangan instrumen penilaian didapatkan melalui teknik wawancara menggunakan angket. Sedangkan data kualitas instrumen penilaian didapatkan melalui penilaian terhadap instrumen penilaian yang dilakukan oleh 3 orang rater. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa kemampuan Mahasiswa Pendidikan Fisika Tahun Akademik 2007-2008 dalam pengembangkan instrumen penilaian proses dan hasil belajar berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 73 7. Kemampuan dalam mengembangkan instrumen ini meliputi pengetahuan ii tentang pengembangan instrumen penilaian berada pada kategori sangat baik dan kualitas instrumen penilaian yang telah dikembangkan berada pada kategori baik. Kualitas instrumen penilaian ini meliputi kualitas indikator pencapaian hasil belajar berada pada kategori cukup baik kualitas indikator penilaian berada pada kategori kurang baik kualitas instrumen penilaian proses belajar berada pada kategori kurang baik dan kualitas instrumen penilaian hasil belajar berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18050

Actions (login required)

View Item View Item