Pradugawati, Dian (2010) Penerapan pendekatan problem terbuka (Pen-ended) pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan hard skills dan soft skills siswa kelas X-C MAN 3 Malang / Dian Pradugawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pradugawati Dian. 2009. Penerapan Pendekatan Problem Terbuka (Open-ended) pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Hard Skills dan Soft Skills Siswa Kelas X-C MAN 3 Malang. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarjono (II) Drs. Purbo Suwasono M.Si. Kata kunci hard skills pendekatan problem terbuka (open-ended) soft skills. Hasil observasi pembelajaran Fisika di kelas X-C MAN 3 Malang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir dan kemampuan komunikasi siswa kurang. Kondisi tersebut mendorong perlunya penerapan pendekatan open-ended dalam pembelajaran. Pendekatan tersebut mampu melatih kemampuan berpikir dan kemampuan komunikasi siswa. Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama penelitian ini dilaksanakan untuk mengukur keterlaksanaan pendekatan openended dalam pembelajaran Fisika. Kedua penelitian ini dilaksanakan untuk mengukur peningkatan hard skills siswa setelah pelaksanaan pendekatan openended dalam pembelajaran Fisika. Ketiga penelitian ini dilaksanakan untuk mengukur peningkatan soft skills siswa setelah pelaksanaan pendekatan openended dalam pembelajaran Fisika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Data keterlaksanaan pembelajaran Fisika dengan pendekatan open-ended dikumpulkan melalui teknik observasi. Data hard skills siswa diperoleh melalui pelaksanaan pascates. Data soft skills siswa diperoleh melalui teknik observasi pada saat pelaksanaan diskusi grup. Rerata keterlaksanaan pendekatan open-ended pada siklus pertama mencapai 78%. Rerata keterlaksanaan pendekatan open-ended pada siklus kedua mencapai 95%. Peningkatan rerata keterlaksanaan pendekatan open-ended terjadi setelah diberikan tindakan dalam langkah-langkah pendekatan open-ended. Rerata hard skills siswa sebelum pelaksanaan siklus pertama mencapai 77. Rerata hard skills siswa setelah pelaksanaan siklus pertama mencapai 88. Rerata hard skills siswa setelah pelaksanaan siklus kedua mencapai 97. Peningkatan rerata hard skills siswa terjadi setelah diberikan tindakan pelaksanaan pendekatan open-ended dan pembentukan kelompok diskusi secara merata. Rerata soft skills siswa pada pelaksanaan siklus pertama adalah 61%. Rerata soft skills siswa pada pelaksanaan siklus kedua adalah 80%. Peningkatan rerata soft skills siswa terjadi setelah diberikan tindakan pelaksanaan pendekatan open-ended dan memberikan motivasi bagi siswa untuk dapat lebih percaya diri dalam berkomunikasi. Keterlaksanaan pendekatan open-ended di kelas X-C MAN 3 Malang mengalami peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua sebesar 17%. Pendekatan open-ended dapat meningkatkan rerata hard skills siswa kelas X-C MAN 3 Malang dari sebelum pelaksanaan siklus pertama ke setelah pelaksanaan siklus pertama sebesar 11 poin. Pendekatan open-ended dapat meningkatkan rerata hard skills siswa kelas X-C MAN 3 Malang dari setelah pelaksanaan siklus pertama ke setelah pelaksanaan siklus kedua sebesar 9 poin. Pendekatan openended dapat meningkatkan rerata soft skills siswa kelas X-C MAN 3 Malang dari siklus pertama ke siklus kedua sebesar 19%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18049 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |