Prihantini, Yulia (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII-A SMP Negeri 19 Malang / Yulia Prihatini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prihantini Yulia. 2009 . Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa kelas VII-A SMP Negeri 19 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Agus Suyudi M.Pd (2) Drs. Asim M.Pd. Kata kunci Think Pair Share aktivitas dan prestasi Berdasarkan hasil wawancara dan observasi awal yang dilakukan peneliti pada guru dan siswa kelas VII-A SMP Negeri 19 Malang model yang sering digunakan guru dalam pembelajaran fisika adalah model pembelajaran yang menekankan metode ceramah. Metode ceramah membuat siswa berperan sebagai objek dalam proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa cenderung bosan sehingga siswa menjadi malas belajar. Oleh karena itu diperlukan suatu model yang dapat membangkitkan gairah belajar siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mempergunakan model pembelajaran Think Pair Share dalam upaya meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa karena model Think Pair Share ini terdiri atas tahapan-tahapan yaitu tahap berpikir secara individu tahap berpasangan dan tahap berbagi. Setiap tahapan dalam model menuntut siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak cenderung pasif. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 19 Malang yang berjumlah 40 siswa yang terdiri atas 19 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui tes lembar kerja siswa observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan persentase keberhasilan tindakan yang menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Hal tersebut terlihat dari hasil observasi awal aktivitas belajar siswa kurang nampak namun setelah diterapkan model think pair share aktivitas siswa kelas VII-A nampak dengan persentase keberhasilan tindakan sebesar 48 3% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 59 5% dengan kriteria sedang pada kedua siklus. Demikian juga dengan prestasi belajar siswa berdasarkan nilai ulangan sebelum tindakan hanya 19 siswa yang tuntas belajar kemudian setelah diterapkan model think pair share prestasi siswa melonjak menjadi 23 siswa yang tuntas belajar walau dengan nilai sedikit di atas standart ketuntasan minimum (SKM). Kemudian pada siklus II kelas VII-A mencapai ketuntasan klasikal sebesar 80% Berdasarkan hasil penelitian model think pair share dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran fisika guna meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18032 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |