Perbedaan prestasi belajar fisika yangdiajar dengan pembelajaran kontekstual strategi PBL dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Lab. UM / Wahyu Nursani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar fisika yangdiajar dengan pembelajaran kontekstual strategi PBL dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Lab. UM / Wahyu Nursani

Nursani, Wahyu (2010) Perbedaan prestasi belajar fisika yangdiajar dengan pembelajaran kontekstual strategi PBL dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Lab. UM / Wahyu Nursani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran kontekstual-strategi PBL merupakan suatu model pembelajaran yang menggunakan permasalahan dalam dunia nyata sebagai konteks belajar untuk berfikir kritis problem solving (pemecahan masalah) memperoleh esensial dari suatu pelajaran (Nurhadi dkk. 2003 56). Pembelajaran kontekstual dengan strategi PBL merupakan suatu model pembelajaran yang menggunakan permasalahan dalam dunia nyata sebagai konteks belajar untuk berfikir kritis problem solving (pemecahan masalah) memperoleh esensial dari suatu pelajaran (Nurhadi dkk. 2003 56). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur perbedaan prestasi belajar fisika siswa kelas X yang menggunakan pembelajaran kontekstual-strategi PBL dan yang diajar secara konvensional di SMA LAB UM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Lab UM yang terdiri dari 6 kelas (184 siswa). Sampel penelitian terdiri dari 32 siswa kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel di lakukan secara acak dengan teknik undian kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah Instrumen perlakuan dan Instrumen pengukuran prestasi belajar terdiri dari 20 soal pilihan ganda. dengan r 0 819 (nilai reabilitas sangat tinggi). Hasil uji-t pretest bahwa pretest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sama dengan taraf signifikansi (0 05). Berdasarkan hasil uji F-tes yaitu uji perbedaan mean dengan taraf signifikansi (0 05) menunjukkan adanya perbedaan mean antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang sangat signifikan serta adanya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kontekstual-strategi PBL pada kelas eksperimen dan pembelajaran secara konvensional pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar fisika siswa kelas X yang menggunakan pembelajaran kontekstual-strategi PBL dan yang diajar secara konvensional di SMA LAB UM. Pembelajaran kontekstual-strategi PBL dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pemilihan strategi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18012

Actions (login required)

View Item View Item