Nurhayati (2009) Efektifitas penggunaan modul fisika model siklus belajar (learning cycle) materi besaran dan pengukuran untuk siswa kelas VII SMP Negeri 03 Singosari-Malang / Nurhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya mata pelajaran fisika perlu adanya suatu strategi yang mampu membantu siswa menemukan suatu konsep fisika melalui kegiatan ilmiah/percobaan secara sederhana. Strategi tersebut antara lain dengan modul yang dikemas dan dilengkapi latihan-latiahan tugas dan unjukkerja siswa sehingga diharapkan guru dapat melakukan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektifitas penggunaan modul fisika model siklus belajar (learning cycle) materi besaran dan pengukuran untuk siswa kelas VII SMP Negeri 03 Singosari-Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 03 Singosari yang terdiri dari 7 kelas . Sampel penelitian terdiri dari 36 siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas VII G sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah dengan cara purposive yaitu berdasarkan informasi guru fisika yang mengajar bahwa kelas tersebut yang merupakan kelas dengan kemampuan siswanya rata-rata bukan merupakan kelas unggulan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah (1) Instrumen perlakuan yang digunakan adalah modul pembelajaran fisika model siklus belajar untuk kelas eksperimen. (2) Instrumen prestasi belajar berupa tes yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda dengan r 0 817 (nilai reabilitas sangat tinggi).Untuk mengetahui adanya perbedaan tes akhir terhadap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol digunakan statistik t-test analisis Independent Samples Test. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar fisika yang signifikan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan modul. Modul dikatakan efektif bila prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan modul lebih tinggi dari pada prestasi belajar siswa tanpa menggunakan modul. Berdasarkan lembar observasi pembelajaran dengan modul fisika model siklus belajar diketahui bahwa pembelajaran menggunakan modul lebih efektif dari pada pembelajaran tanpa menggunakan modul di SMP Negeri 03 Singosari-Malang .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18009 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |