Nurhozah (2009) Upaya meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep fisika dengan model pembelajaran inkuiri bagi siswa kelas VII C semester I SMP Negeri 6 Pamekasan / Nurhozah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran fisika di SMP Negeri 6 Pamekasan selama ini hanya menekankan pada kajian teori dan latihan soal. Hal ini berakibat pada kebiasaan siswa yang tidak pernah bertanya kepada guru dalam proses pembelajaran. Interaksi guru dengan siswa sangat rendah begitu juga interaksi siswa dengan siswa. Siswa cenderung pasif dalam menerima pelajaran. Kegiatan siswa hanya mencatat apa yang didiktekan guru dan mendengarkan apa yang dijelaskan guru. Kebiasaan tersebut menandakan rendahnya aktivitas belajar siswa. Disamping itu pemahaman konsep fisika siswa juga rendah. Hal ini ditunjukkan ketika guru mengajukan pertanyaan siswa tidak bisa menjawab. Sebagian siswa hanya menjawab jika ditunjuk oleh guru. Jawaban yang diberikan siswapun tidak semuanya benar. Berdasarkan kenyataan itu perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep fisika siswa. Model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran model inkuiri untuk meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep fisika siswa kelas VII C SMP Negeri 6 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan besaran pokok dan konversi satuannya. Siklus II dengan pokok bahasan besaran turunan dan konversi satuannya. Penelitian dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2008/2009 di kelas VII C SMP Negeri 6 Pamekasan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa dengan18 Siswa putra dan 17 siswa putri. Berdasarkan hasil analisis dan refleksi diketahui bahwa setelah tindakan diterapkan terjadi peningkatan persentase aspek aktivitas belajar siswa dari siklus I dan siklus II. Aspek kemampuan mengamati meningkat dari 90 48% menjadi 95 24% aspek kemampuan bertanya meningkat dari 56 19% menjadi 73 33% aspek kemampuan mengajukan hipotesis meningkat dari 39 04% menjadi 48 57% aspek kemampuan dalam mengumpulkan data meningkat dari 75 24% menjadi 90 48% aspek kemampuan menganalisis data meningkat dari 51 43% menjadi 62 86% aspek kemampuan menyimpulkan meningkat dari 39 04% menjadi 56 19% aspek mengkomunikasikan meningkat dari 51 43% menjadi 61 90%. Peningkatan ini juga terjadi pada pemahaman konsep fisika siswa yang ditunjukkan dari nilai gain score dari siklus I dan siklus II. Nilai gain score meningkat dari 0 46 menjadi 0 62. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model inkuiri mampu meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep fisika siswa kelas VII C semester I SMP Negeri 6 Pamekasan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18005 |
Actions (login required)
View Item |