Purwaningrum, Retno (2010) Penerapan penilaian kinerja (performance assesment) untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah siswa kelas X-F MAN Malang 1 dalam pembelajaran fisika model inkuiri / Retno Purwaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Purwaningrum Retno. 2008. Penerapan Penilaian Kinerja (Performance Assesment) untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Ilmiah Siswa Kelas X-F MAN Malang 1 dalam Penbelajaran Fisika Model Inkuiri. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika. FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sugiyanto S.Pd M.Si (II ) Sentot Kusairi S.Pd M.Si. Kata Kunci inkuiri penilaian kinerja kemampuan kerja ilmiah. Persoalan yang dihadapi Kelas X-F MAN Malang 1 bukan hanya bagaimana membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik tetapi juga bagaimana menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan kerja ilmiah. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa proses pembelajaran berlangsung dengan metode ceramah yang bersifat teacher center sedangkan metode eksperimen jarang dilakukan. Hal ini menyebabkan konsep fisika hanya diperoleh siswa dalam bentuk kumpulan rumus-rumus yang harus dihafalkan dan pengalaman belajar yang diperoleh siswa hanya terbatas pada mendengar. Hasil wawancara dengan guru fisika MAN Malang 1 bahwa dalam melaksanakan penilaian masih menggunakan tes sebagai alat ukur yang utama. Hasil refleksi awal mengarahkan peneliti untuk menerapkan penilaian kinerja dalam pembelajaran fisika model inkuiri sehingga dapat meningkatkan kemampuan kerja ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendiskripsikan keterlaksanaan penilaian kinerja siswa kelas X-F MAN Malang 1 (2) mendiskripsikan keterlaksanaan penerapan pembelajaran model inkuiri siswa kelas X-F MAN Malang 1 dan (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan kerja ilmiah siswa kelas X-F MAN Malang 1 dengan penerapan penilain kinerja dalam pembelajaran model inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu studi sistematis terhadap praktik pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan menerapkan penilaian kinerja dalam pembelajaran fisika model inkuiri. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-F MAN Malang 1 dengan jumlah 36 siswa. Pokok bahasan yang digunakan pada penelitian ini adalah listrik dinamis. Instrumen yang digunakan meliputi LKS RPP dan lembar obsrvasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juli 2008. Pelaksanaan penerapan pembelajaran fisika model inkuiri meliputi tahapan pengajuan masalah penstrukturan masalah pengajuan hipotesis pelaksanaan percobaan dan mengkomunikasikan hasil percobaan. Keterlaksanaan penilaian kinerja sudah terlaksana dengan baik dengan keterlaksanaan persentase yang semakin meningkat pada siklus I dan siklus II. Penerapan pembelajaran fisika model inkuiri juga dapat terlaksana dengan baik dengan persentase keterlaksanaan yang semakin meningkat pada siklus I dan siklus II. Hal ini mengidentifikasikan bahwa guru dan siswa semakin terbiasa dan kreatif dengan penerapan pembelajaran inkuiri. Kemampuan kerja ilmiah selama penerapan penilaian kinerja dalam pembelajaran model inkuiri mengalami peningkatan selama siklus I dan siklus II pada semua aspek yang dilatihkan baik pada level individu maupun pada level kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18002 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |