Penerapan pembelajaran model inkuiri induktif untuk meningkatkan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Wahid Hasyim Malang / Ervan Hendriyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran model inkuiri induktif untuk meningkatkan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Wahid Hasyim Malang / Ervan Hendriyanto

Hendriyanto, Ervan (2010) Penerapan pembelajaran model inkuiri induktif untuk meningkatkan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Wahid Hasyim Malang / Ervan Hendriyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bolavoli merupakan salah satu cabang olahraga yang diajarkan di sekolah-sekolah khususnya keterampilan dasar bolavoli. Keterampilan dasar bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan teknik dasar teknik lanjutan dan strategi bermain bolavoli. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mengkaji keterampilan teknik dasar passing bawah dan service bawah bolavoli bagi siswa SMK kelas I semester I dan diharapkan guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani dapat mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran dan pemberian penilaian yang tepat kepada siswa dengan penguasaan teknik dasar yang beragam. Penelitian ini dilakukan di SMK Kosgoro 3 Tumpang Kabupaten Malang bagi siswa kelas I semester I dengan materi passing bawah dan service bawah cabang olahraga bolavoli tanggal 19 21 dan 22 Desember 2007 pukul 07.30-10.30 WIB. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif survei yang dilakukan melalui tes ulang (test retest) sebanyak tiga kali kesempatan. Analisis hasil penelitian yang digunakan adalah uji statistik deskriptif (rata rata persentase). Penelitian ini dilakukan karena teknik dasar passing bawah dan service bawah bolavoli merupakan teknik yang harus dikuasai oleh siswasebelum teknik-teknik dasar yang lain. Dan juga frekuensi untuk melakukan passing bawah dan service bawah dalam permainan bolavoli sangat banyak. Serta materi teknik dasar ini juga terdapat di dalam kurikulum yang digunakan di SMK Kosgoro 3 Tumpang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada teknik dasar passing bawah siswa yang memiliki kualifikasi baik bejumlah 15 orang (33 33%) kualifikasi cukup berjumlah 19 orang (42 22%) kualifikasi kurang baik berjumlah 11 orang (24 45%). Sedangkan pada teknik dasar service bawah siswa yang memiliki kualifikasi baik berjumlah 19 orang (42 22%) kualifikasi cukup berjumlah 14 orang (31 11%) kualifikasi kurang baik berjumlah 10 orang (22 22%) dan kualifikasi tidak baik berjumlah 2 orang (4 45%). Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan agar dalam pemberian teknik dasar kepada siswa oleh guru diberikan secara bertahap agar siswa dapat menguasai secara mendalam tentang teknik dasar tersebut. Hal ini memberikan dampak pada penilaian guru terhadap siswa sehingga penilaian dapat tepat sasaran pada siswa yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18001

Actions (login required)

View Item View Item