Nawas, Febri Syaipun (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Malang / Febri Syaipun Nawas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nawas Febri Syaipun. 2008. Penerapan Pembelajaran Cooperative Model Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri I Malang. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Endang Purwaningsih M.Si (2) Drs. Asim M. Pd. Kata kunci group investigation aktivitas prestasi belajar Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri Malang diketahui guru sudah menggunakan pembelajaran yang mengarah pada keaktifan siswa yaitu dengan menggunakan metode demonstrasi. Tetapi dalam menggunakan metode demonstrasi guru tidak melibatkan siswa sehingga aktivitas siswa tidak muncul selama KBM berlangsung. Selain itu keaktifan siswa secara keseluruhan masih belum terlihat dan masih didominasi beberapa siswa saja. Rata-rata prestasi belajar siswa juga masih rendah sehingga perlu untuk ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri I Malang. Ketercapaian tujuan tersebut dilakukan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model GI. Model pembelajaran ini melibatkan aktivitas siswa secara penuh sesuai tahap-tahap GI sehingga aktivitas siswa akan terlihat dan siswa bekerja secara kelompok mencari bahan ajar secara mandiri sehingga siswa mampu membangun konsep secara mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus penelitian dilakukan selama dua kali dengan disertai perbaikan setiap siklusnya. Tahapan yang digunakan dalam penelitian adalah perencanaan pemberian tindakan kelas observasi serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D SMP Negeri I Malang dengan jumlah 39 siswa yang terdiri dari 21 siswa putri dan 18 siswa putra. Pokok bahasan yang digunakan pada penelitian ini adalah Alat Optik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar dari sebelum penelitian ke siklus I sebesar 3 1% dan dari siklus I ke siklus 2 sebesar 3 7%. Selain itu juga terjadi peningkatan aktivitas siswa sesuai tahap-tahap GI dari siklus I ke siklus 2 sebesar 5 73%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan melalui penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17999 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |