Bahan ajar elektronik menceritakan kembali teks fabel berbasis sistem pengelolaan wordpress untuk siswa kelas vii smp / Sivira Anggriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Bahan ajar elektronik menceritakan kembali teks fabel berbasis sistem pengelolaan wordpress untuk siswa kelas vii smp / Sivira Anggriani

Anggriani, Sivira Anggriani (2021) Bahan ajar elektronik menceritakan kembali teks fabel berbasis sistem pengelolaan wordpress untuk siswa kelas vii smp / Sivira Anggriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan siswa dalam berkomunikasi lisan maupun tulisan. Mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 berbasis teks. Salah satunya adalah teks cerita fabel. Salah satu fokus dalam penelitian ini ialah pengembangan bahan ajar elektronik menceritakan kembali teks fabel berbasis sistem pengelolaan wordpress. Bahan ajar elektronik ini dimaksudkan sebagai buku pengayaan menceritakan kembali teks fabel dari buku bahan ajar utama yang telah diterbitkan oleh Kemendikbud yang dapat membantu dan menunjang keterampilan menceritakan teks fabel yang dibaca atau didengar siswa secara lisan dan tulis. Bahan ajar elektronik berbasis sistem pengelolaan wordprees adalah bentuk media berbasis web yang memadukan teks kuis gambar video untuk memberi motivasi dan sebagai media pemebelajaran interaktif terhadap keterampilan bercerita oleh siswa. Penelitian dan pengembangan ini mengguakan metode dari penelitian Borg and Gall yang telah disederhanakan peneliti sesuai kebutuhan menjadi delapan langkah meliputi 1) penelitian dan pengembangan data 2) tahap perencanaan 3) tahap pengembangan draf produk 4) tahap uji coba produk awal 5) tahap revisi produk 6) tahap uji coba lapagan terbatas 7) tahap penyempurnaan produk akhir dan 8) diseminasi dan implementasi. Data yang diperoleh berupa skor validasi kelayakan produk oleh para ahli media dan materi dan skor dari tanggapan uji coba oleh pendidik dan peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Tekhnik pengumpulan data dengan wawancara dan penyebaran angket melalui google form. Data yang dihasilkan 1) data kuantitatif berupa skor dari para ahli dan skor uji coba produk. 2) Data kualitatif berupa uraian saran/komentar dari para ahli dan pengguna produk. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini 1) skor validasi oleh ahli materi dengan perolehan skor 100% materi teks fabel dalam bahan ajar ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran. 2) pemerolehan skor ahli media 87.5% media bahan ajar elektronik berbasis sistem pengelolaan wordpress sangat layak digunakan dalam pembelajaran. 3) pemerolehan skor uji coba produk 83.33% dari pendidik dan 89.45% dari peserta didik. Setelah data dianalisis secara keseluruhan diperoleh skor 89.7% artinya bahan ajar ini sangat layak untuk pembelajaran. Untuk mengembangkan produk ini selanjutnya peneliti hendaknya melakukan uji efektifitas lebih lanjut terhadap produk yang dikembangkan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan bahan ajar elektronik menceritakan kembali teks fabel bermuatan pendidikan karakter berbasis sistem pengelolaan wordpress untuk siswa kelas VII SMP sebagai media pembelajaran. Peneliti juga bisa mengembangan materi lain dengan memilih template dari wordpress sesuai dengan kebutuhan yang lebih baik supaya menambah kekhasan produk serta peneliti bisa melakukan validasi produk lebih dari satu validator agar data yang dihasilkan lebih valid untuk perbaikan produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179935

Actions (login required)

View Item View Item