Penerapan pembelajaran mata kuliah fisika dasar I melalui e-learning dalam upaya peningkatan prestasi belajar peserta mata kuliah fisika dasar I / Widyanti Nur Alawiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran mata kuliah fisika dasar I melalui e-learning dalam upaya peningkatan prestasi belajar peserta mata kuliah fisika dasar I / Widyanti Nur Alawiyah

Widyanti Nur Alawiyah (2007) Penerapan pembelajaran mata kuliah fisika dasar I melalui e-learning dalam upaya peningkatan prestasi belajar peserta mata kuliah fisika dasar I / Widyanti Nur Alawiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alawiyah Widyanti. 2007. Penerapan Pembelajaran Mata Kuliah Fisika Dasar I Melalui E-Learning Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Mata Kuliah Fisika Dasar I. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Asim M. Pd. (2) Drs. Sutrisno MT. Kata Kunci Internet E-learning Teknologi Informasi Kemajuan teknologi informasi yang pesat saat ini menjadikan pemanfaatan teknologi internet di dunia pendidikan juga terus berkembang. Pemanfaatan internet dalam dunia pendidikan tersebut seringkali disebut dengan e-learning. E-learning merupakan singkatan dari elektronik learning dapat diartikan sebagai pembelajaran yang menggunakan jasa elektronik. Terdapat tiga model e-learning yang dapat diterapkan yaitu web course (pengganti) web centric course (pelengkap) dan web enhanced course (tambahan). Dengan e-learning pembelajaran dapat dilaksanakan kapan dan di mana saja. Dalam penelitian ini e-learning yang digunakan adalah model web enhanced course (tambahan). Terdapat dua tujuan dalam penelitian ini pertama untuk mengetahui apakah penggunaan e-learning pada mata kuliah Fisika Dasar I dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Tujuan kedua adalah untuk mengetahui sikap peserta mata kuliah Fisika Dasar I terhadap e-learning. Sebagai subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Fisika UM peserta mata kuliah Fisika Dasar I kelas AA off CC tahun ajaran 2006/2007. Penelitian yang digunakan adalah jenis kualitatif yang bersifat deskriptif kuantitatif dengan penelitian tindakan kelas. Data yang diambil dalam penelitian ini meliputi proses pembelajaran dan prestasi belajar mahasiswa selama diterapkan e-learning. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari II silkus. Siklus dua dilaksanakan berdasarkan hasil dari refleksi pada siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkan e-learning pada mata kuliah Fisika Dasar I prestasi belajar mahasiswa tidak mengalami peningkatan. Sedangkan sikap mahasiswa peserta mata kuliah Fisika Dasar I terhadap e-learning adalah 32.4% mahasiswa bersikap setuju dan 67.6% bersikap sangat setuju.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17942

Actions (login required)

View Item View Item