Pengembangan media e-Learning pada matakuliah fisika statistik pokok bahasan fungsi distribusi Bose-Einstein dan penerapannya / Farid Taufiqur Rohman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media e-Learning pada matakuliah fisika statistik pokok bahasan fungsi distribusi Bose-Einstein dan penerapannya / Farid Taufiqur Rohman

Farid Taufiqur Rohman (2009) Pengembangan media e-Learning pada matakuliah fisika statistik pokok bahasan fungsi distribusi Bose-Einstein dan penerapannya / Farid Taufiqur Rohman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan matematik sangat diperlukan dalam memahami Fisika Stastistik karena dalam Fisika Statistik terdapat persamaan deferensial integral lipat 6 integral Gamma deret serta teori Parseval. Berdasarkan pengalaman dosen pengajar matakuliah Fisika Statistik menyatakan lebih dari 90% mahasiswa mengalami kesulitan memahami statistik Bose-Einstein khususnya penerapan pada energi radiasi dari suatu rongga radiasi dan panas spesifik zat padat. Selain itu berdasarkan pengalaman peneliti yang pernah mengikuti matakuliah Fisika Statistik juga mengalami kesulitan yang sama. Hal tersebut menunjukkan taraf kemampuan penguasaan matematik mahasiswa masih rendah.Oleh karena itu perlu diupayakan perbaikan pembelajaran baik berupa perbaikan proses pembelajaran maupun pengunaan media yang mendukung pembelajaran Fisika Statistik. Media yang dikembangkan adalah e-Learning yang berisi proses penurunan persamaan matematik secara mendetail dan langkah demi langkah sehingga mahasiswa dapat dengan mudah mencari asal-usul persamaan matematik yang diperlukan. Bentuk media ini berupa file berextensi .htm. Untuk mengetahui keefektifan pengunaan media e-Learning ini dilakukan penelitian dengan menggunakan data pre-test dan post-test. Pre-test untuk mengetahui kemampuan awal sedangkan post-test untuk mengetahui kemampuan setelah diberi perlakukan. Perlakuannya meliputi pemberian Lembar Kerja sebanyak empat kali melakukan pembelajaran dengan e-Learning dan memberikan media e-Learning kepada mahasiswa untuk dipelajari di rumah. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis gain score ternormalisasi diperoleh 0 406. Hasil ini termasuk dalam kategori g-sedang dengan 0 3 8804 () 8804 0 7. Sehingga disimpulkan bahwa pembelajaran cukup efektif. Untuk meningkatkan hasil belajar Fisika Statistik secara lebih baik dapat dilakukan dengan memberikan media e-Learning lebih awal membahas lembar kerja lebih mendetail memberikan latihan soal dan tugas individu serta menambah jumlah pertemuan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17941

Actions (login required)

View Item View Item