Abdul Hamid Sudiyono (2009) Pengembangan modul pembelajaran fisika model daur belajar (Learning Cycle) tiga fase pada materi besaran dan pengukuran untuk SMP kelas VII / Oleh Abdul Hamid Sudiyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengembangan program pengajaran dilakukan dengan memberikan siswa pengalaman langsung dalam memahami sebuah materi. Siswa mencari tahu dan berbuat belajar dari berbagai sumber dan bekerja ilmiah untuk pemahaman konsep dan penerapannya. Orientasi pembelajaran yang semula berpusat pada guru (teacher centered) dengan metode penyampaiannya menjadi berpusat pada kegiatan siswa (student centered). Dalam memenuhi dan menerapkan pembelajaran tersebut sekolah dapat menggunakan pembelajaran berbasis konstruktivis. Saat ini keberadaan bahan ajar/buku pelajaran di sekolah kurang memfasilitasi tujuan pembelajaran berbasis konstruktivis. Buku digunakan hanya sebagai sumber pengetahuan dan kurang memperhatikan aspek pengalaman belajar. Salah satu upaya untuk menunjang hal tersebut adalah dikembangkannya bahan ajar yang menekankan pada aspek pengalaman belajar sehingga siswa dapat membangun sendiri pengetahuannya dengan guru sebagai fasilitator. Bahan ajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran berbasis konstruktivis adalah modul. Oleh karena itu dalam penelitian ini dikembangkan modul Besaran dan Pengukuran berdasarkan model daur belajar (learning cycle). Desain pengembangan yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development- R D). Penelitian ini mencakup dua kegiatan yaitu studi pendahuluan dan pengembangan produk. Studi pendahuluan meliputi studi pustaka dan studi lapangan sedangkan pengembangan meliputi penyusunan draft modul evaluasi modul dan revisi modul. Revisi modul dilakukan berdasarkan perolehan nilai dan saran/koreksi pada langkah evaluasi yang dilakukan oleh dua orang dosen tiga orang guru SMP dan lima orang siswa SMP. Instrumen pengumpulan data evaluasi dalam penelitian ini adalah angket dan teknik analisis data yang digunakan adalah prosentase dan rata-rata. Modul hasil pengembangan terdiri dari satu pokok bahasan yaitu Besaran dan Pengukuran. Pokok bahasan tersebut dibagi menjadi dua subpokok bahasan dalam bentuk kegiatan belajar 1 dan kegiatan belajar 2. Pada kegiatan belajar 1 mempelajari besaran dan satuan dan pada kegiatan belajar 2 mempelajari tentang pengukuran. Masing-masing kegiatan belajar terdiri dari tiga fase atau tahapan yaitu fase pelibatan fase pengenal an konsep dan fase penerapan konsep. Berdasarkan hasil evaluasi disarankan agar penelitian dilakukan sampai tahap uji coba lapangan dan dan pengembangan modul dilanjutkan sampai ke langkah diseminasi dan implementasi serta dikembangkan modul dengan model yang serupa untuk materi pokok yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17917 |
Actions (login required)
View Item |