Pengembangan permainan dalam outbound untuk melatih keterampilan sosial siswa SMP / Ahmad Nur Kholis Wahid - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan dalam outbound untuk melatih keterampilan sosial siswa SMP / Ahmad Nur Kholis Wahid

Wahid, Ahmad Nur Kholis (2010) Pengembangan permainan dalam outbound untuk melatih keterampilan sosial siswa SMP / Ahmad Nur Kholis Wahid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan permainan outbound keterampilan sosial. Outbound merupakan suatu permainan yang digunakan untuk melatih kemampuan kualitas pribadi maupun kelompok sehingga mampu mengembangkan inisiatif empati optimisme adaptabilitas dan kemampuan persuasi diri terhadap diri sendiri dan kehidupan sosial di lingkunganya. Siswa SMP adalah tergolong pada masa remaja dimana ciri utama pada masa ini adalah perlunya bersosialisasi dengan orang lain di sekitarnya. Permainan outbound didesain sebagai salah satu metode untuk melatih keterampilan sosial. Tujuan dari permainan outbound untuk melatih keterampilan sosial siswa di antarannya melatih mengenal dan membangun kepercayaan dengan individu lain mampu berkomunikasi secara tepat dan jelas dengan individu lain mampu menerima dan membantu individu lain serta dapat mengatasi konflik dan masalah-masalah dalam hubungan sosial. Sesuai latar belakang di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan pedoman permainan outbound untuk melatih keterampilan sosial siswa SMP yang berterima secara teoritis melalui uji ahli. Rancangan penelitian ini adalah penelitian pengembangan prosedural dengan mengadaptasi langkah-langkah dari Borg dan Gall. Langkah-langkah dari Borg dan Gall yang diadaptasi dalam penelitian ini meliputi menentukan potensi dan masalah penelitian mengumpulkan informasi mendesain produk validasi desain dan revisi produk. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Malang dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Analisis data dalam penelitian pengembangan ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis kualitatif. Berdasarkan penilaian ahli bimbingan konseling ahli outbound/trainer dan calon pengguna produk (konselor) bahwa model permainan dalam outbound untuk melatih keterampilan sosial ini berterima secara teoritis. Hal ini dapat diketahui dari hasil penilaian dari ahli bimbingan konseling pada produk yang menunjukkan rata-rata 3 90 dan untuk penilaian pedoman menunjukkan rata-rata 3 46. Untuk penilaian ahli outbound/trainer pada produk menunjukkan rata-rata 3 dan untuk penilaian pedoman menunjukkan rata-rata 3 07. Sedangkan penilaian calon pengguna produk (konselor) pada produk menunjukkan rata-rata 3 38 dan untuk penilaian pedoman menunjukkan rata-rata 3 69. Dari penilaian ahli bimbingan dan konseling ahli out bound /trainer dan calon pengguna produk ( konselor ) di atas dapat disimpulkan bahwa produk dan pedoman permainan outbound untuk melatih keterampilan sosial siswa SMP ini sangat baik dan jelas. Saran dalam penelitian ini adalah perlu diadakan uji lapangan untuk dapat melihat keberhasilan permainan-permainan yang ada sesuai dengan tujuan yakni melatih keterampilan sosial siswa SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1780

Actions (login required)

View Item View Item