Pengembangan komik sebagai media informasi bahaya merokok bagi siswa SMP / Sri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan komik sebagai media informasi bahaya merokok bagi siswa SMP / Sri Wahyuni

Wahyuni, Sri (2010) Pengembangan komik sebagai media informasi bahaya merokok bagi siswa SMP / Sri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan komik informasi bahaya merokok. Keberadaan rokok menjadi dilema bagi bangsa Indonesia di satu sisi mendatangkan dampak positif dan di sisi lain menimbulkan dampak negatif. Perokok bukannya tidak tahu mengenai dampak negatif merokok karena dampak negatif merokok telah dicantumkan secara jelas di setiap bungkus rokok. Hampir seluruh tingkatan usia dapat mengkonsumsi rokok mulai dari anak-anak hingga lanjut usia termasuk siswa SMP. Oleh karena itu dalam upaya pembentukan generasi muda yang sehat jasmani maupun rohani dikembangkanlah komik sebagai media informasi bahaya merokok bagi siswa SMP. Komik dipilih sebagai media karena bacaan ini bersifat ringan imajinatif menyenangkan dan disukai oleh siswa. Dengan media ini pesan bimbingan yang ingin disampaikan diharapkan dapat diterima oleh siswa. Konselor dapat menggunakan komik sebagai alternatif media dalam pelaksanaan layanan informasi sehingga bimbingan dapat terlaksana secara efektif. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan Komik Bahaya Merokok yang berguna tepat jelas dan menarik bagi siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi langkah-langkah pengembangan dari Borg Gall (1989) yang terdiri dari tahap perencanaan tahap penyusunan produk dan tahap validasi. Subyek uji coba adalah ahli media ahli bimbingan konseling dan calon pengguna produk. Data dikumpulkan menggunakan format penilaian ahli dan calon pengguna produk. Data kuantitatif dianalisis dengan analisis rerata dan data kualitatif dianalisis dengan analisis deskriptif. Produk pengembangan ini telah dinilai oleh dua ahli dan dua calon pengguna produk. Secara kuantitatif hasil penilaian dari para ahli untuk spesifikasi produk memperoleh nilai rerata 3 26 yang berarti produk ini sangat berguna tepat jelas efektif terlaksana dan menarik. Sedangkan untuk penilaian terhadap pedoman pelaksanaan layanan informasi memperoleh nilai rerata 3 12 yang berarti buku pedoman pelaksanaan layanan informasi ini sangat jelas sehingga mudah dilaksanakan. Dengan demikian menurut para ahli komik dapat digunakan sebagai media dalam pelaksanaan layanan informasi bahaya merokok bagi siswa SMP. Selanjutnya hasil penilaian dari calon pengguna produk untuk spesifikasi produk memperoleh nilai rerata 3 37 yang berarti produk ini sangat berguna tepat jelas efektif terlaksana dan menarik. Sedangkan untuk penilaian terhadap pedoman pelaksanaan layanan informasi memperoleh nilai rerata 3 21 yang berarti buku pedoman pelaksanaan layanan informasi ini sangat jelas sehingga mudah dilaksanakan. sesuai dengan tahap-tahap pelaksanaannya. Dengan demikian menurut para calon pengguna produk komik dapat digunakan sebagai media dalam pelaksanaan layanan informasi bahaya merokok bagi siswa SMP. Berdasarkan hasil penilaian ahli dan calon pengguna produk dapat disimpulkan produk yang dihasilkan dari pengembangan ini yang berupa buku pedoman pelaksanaan layanan informasi bahaya merokok dengan menggunakan media komik dan komik bahaya merokok untuk siswa SMP dapat diterima (acceptable) secara teoritis. ( Word to PDF Converter - Unregistered ) http //www.Word-to-PDF-Converter.net Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang diberikan adalah konselor harus memahami prosedur dan materi bimbingan sehingga proses bimbingan dapat berjalan secara efektif dan siswa dapat mencapai tujuan bimbingan yang dikehendaki. Selain itu konselor harus kreatif dalam mengatur waktu untuk pelaksanaan bimbingan mengingat minimnya jam tatap muka untuk bimbingan dan konseling di sekolah. Bagi peneliti selanjutnya perlu diadakan uji lapangan yang melibatkan siswa agar diketahui keberterimaan produk secara teoritis dan praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1779

Actions (login required)

View Item View Item