Pengembangan inventori kelola diri akademik siswa SMK / Bambang Dibyo Wiyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan inventori kelola diri akademik siswa SMK / Bambang Dibyo Wiyono

Wiyono, Bambang Dibyo (2010) Pengembangan inventori kelola diri akademik siswa SMK / Bambang Dibyo Wiyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Inventori Kelola Diri Akademik Siswa SMK Siswa yang berada pada jenjang pendidikan SMK mulai mempersiapkan diri untuk menjadi dewasa sesuai dengan karakteristik masa remaja dan tugas-tugas perkembangannya. Agar tercapai tugas-tugas perkembangan siswa secara optimal dibutuhkan bimbingan dan adanya kegiatan pendukung serta alat atau sarana yang memadai dan bisa digunakan konselor di antaranya inventori kelola diri akademik. Tujuan pengembangan yang dilakukan adalah untuk menghasilkan inventori kelola diri akademik siswa SMK yang memenuhi standar alat ukur inventori meliputi tingkat validitas reliabilitas dan penormaan yang memadai. Pengembangan inventori kelola diri akademik ini menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg Gall (1983). Model ini dinamakan penelitian dan pengembangan (research and development) yang terdiri dari 10 langkah pengembangan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) uji ahli (5) revisi produk utama (6) uji coba terbatas (uji permulaan) (7) revisi produk operasional (8) uji lapangan (9) revisi produk akhir (10) penyusunan produk akhir. Hasil produk inventori kelola diri akademik melalui uji coba dan uji lapangan utama dari 87 butir pernyataaan yang dipaparkan maka diperoleh 50 butir yang memenuhi tingkat validitas konstruk melalui uji ahli dan perhitungan koefisien validitas r hitung 8805 r tabel dengan tingkat signifikansi p 8804 0 05. Produk pengembangan inventori kelola diri akademik memiliki tingkat koefisien reliabilitas Alpha sebesar 0 840. Artinya butir-butir pernyataan inventori mempunyai tingkat keajegan yang tinggi apabila diujikan pada sampel yang sama karakteristiknya pada waktu yang berbeda. Penyusunan penormaan inventori kelola diri akademik disusun menggunakan norma sekolah dengan norma persentil atau skor persentil. Hasil distribusi data dibagi menjadi tiga (3) kategori yaitu kelola diri akademik tinggi sedang dan rendah. Berdasarkan hasil penelitian ini diajukan berbagai saran bagi konselor SMKN 5 Malang hasil produk pengembangan inventori kelola diri akademik dapat digunakan sebagai salah satu teknik pemahaman individu non tes sehingga inventori kelola diri akademik dapat dipergunakan konselor SMKN 5 Malang sebagai salah satu alat pengumpul data pribadi siswa khususnya aspek kelola diri akademik. Bagi penulis hasil produk inventori kelola diri akademik dapat digunakan sebagai salah satu alat pengumpul data pribadi untuk memahami kelola diri akademik siswa serta memberikan pengalaman dan motivasi untuk melakukan penelitian pengembangan yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1776

Actions (login required)

View Item View Item