Analisis muatan nilai-nilai karakter yang terkandung pada buku cerita bergambar / Ike Yuli Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis muatan nilai-nilai karakter yang terkandung pada buku cerita bergambar / Ike Yuli Kurniawati

Kurniawati, Ike Yuli Kurniawati (2021) Analisis muatan nilai-nilai karakter yang terkandung pada buku cerita bergambar / Ike Yuli Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu memberikan referensi buku bacaan untuk siswa maupun guru yang sesuai dengan kebutuhan serta digunakan juga untuk menanamkan nilai karakter untuk siswa. Pada pendidikan karakter yang dilakukan di sekolah dasar terdapat nilai-nilai karakter yang diterapkan. Nilai karakter ini dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah. Menurut Permendikbud No. 20 tahun 2018 pasal 2 mengenai nilai-nilai karakter utama yaitu (1) nilai religius (2) nilai nasionalis (3) nilai kemandirian (4) nilai gotong royong dan (5) nilai integritas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku cerita bergambar dengan judul ldquo Batu Menangis rdquo . Tujuan berikutnya adalah untuk mengetahui nilai karakter yang ada pada buku cerita bergambar dengan judul ldquo Batu Menangis rdquo . Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi pihak sekolah guru maupun peneliti lainnya untuk membantu penyelenggaraan Pendidikan karakter untuk peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penggunaan pendekatan kualitatif pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui suatu peristiwa fenomena atau isu sosial yang datanya disajikan dalam bentuk deskripsi. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menyajikan keadaan subjek dan objek yang diteliti secara mendalam dengan keadaan dan kejadian yang sesuai fakta dalam bentuk kalimat. Pada penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian sehingga peneliti berperan sebagai pelapor penelitian ini untuk mengumpulkan data menganalisis data dan membuat laporan dari hasil penelitian. Prosedur yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara studi dokumen berupa tulisan gambar ataupun karya seseorang. Pada penelitian ini data yang diperoleh berupa teks deskripsi berisikan muatan nilai-nilai karakter yang terletak pada sumber data yaitu cerita bergambar ldquo Batu Menangis rdquo . Muatan nilai-nilai karakter yang digunakan sebagai pedoman adalah Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018. Dalam penelitian ini analisis dilakukan pada buku cerita bergambar yang berjudul ldquo Batu Menangis rdquo karya Dian K. dkk (2017) yang bertema keluarga berisi cerita rakyat tentang ldquo Batu Menangis rdquo dari Kalimantan Barat. Pada buku cerita ini terdapat 28 halaman yang berisi cerita dan gambar yang cocok untuk anak-anak. Dari buku cerita bergambar berjudul ldquo Batu Menangis rdquo ditemukan nilai karakter yang muncul yaitu 1) Religiusitas sebanyak 15 kali dengan persentase kemunculan adalah 78 9% 2) Nasionalisme 5 kali dengan persentse kemunculan adalah 26 3% 3) Mandiri 9 kali dengan persentase kemunculan adalah 47 4% 4) Gotong Royong 12 kali dengan persentase kemunculan adalah 63 1% dan 5) Integritas 10 kali dengan persentase kemunculan adalah 52 6%. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dijelaskan dapat diambil kesimpulan bahwa pada buku cerita bergambar ldquo Batu Menangis rdquo memuat semua nilai karakter yaitu religiusitas nasionalisme mandiri gotong royong dan integritas. Nilai karakter yang paling dominan muncul adalah nilai karakter religiusitas sebanyak 15 kali. Sedangkan nilai karakter yang paling sedikit muncul adalah nilai karakter nasionalisme sebanyak 5 kali. Adapun persentase kemunculan nilai karakter yang terkandung adalah sebagai berikut 1) Religiusitas 78 9% 2) Nasionalisme 26 3% 3) Mandiri 47 4% 4) Gotong Royong 63 1% dan 5) Integritas 52 6%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/177308

Actions (login required)

View Item View Item