Perancangan game edukasi untuk anak penderita diskalkulia berbasis android / Tina Yunitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan game edukasi untuk anak penderita diskalkulia berbasis android / Tina Yunitasari

Yunitasari, Tina (2018) Perancangan game edukasi untuk anak penderita diskalkulia berbasis android / Tina Yunitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Yunitasari Tina. 2018. Perancangan Game Edukasi Untuk Anak Penderita Diskalkulia Berbasis Android. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Lucky Tri Oktoviana S.Si M.Kom. Kata Kunci game edukasi diskalkulia android Matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang memiliki peranan cukup penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu alasan yang mendasarinya adalah karena metematika merupakan dasar dari ilmu pengetahuan dan sering disebut matematika sebagai mother of knowledge. Pada saat di tingkat pendidikan dasar pelajaran matematika yang diterima tersebut masih berkenaan dengan operasi hitung dasar matematika yaitu penjumlahan pengurangan perkalian dan pembagian. Akan tetapi bukan hal yang baru ketika matematika sering kali dianggap sebagai sebuah pelajaran yang ditakuti oleh sebagian besar siswa di sekolah. Tanpa disadari kesulitan seseorang dalam mengerjakan soal matematika bisa jadi merupakan salah satu gangguan belajar. Kesulitan dalam belajar matematika disebut juga diskalkulia. Diskalkulia merupakan gangguan belajar yang mempengaruhi kemampuan matematika seseorang. Berdasarkan masalah di atas akan dikembangkan suatu game edukasi berbasis android sebagai sarana pembelajaran dan juga bermain untuk lebih memahami pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam pengembangan game edukasi ini yaitu menggunakan metode ADDIE. Metode tersebut dibagi kedalam lima tahapan pengembangan sebagai berikut (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Pada lima tahapan pengembangan dalam metode ADDIE tersebut kemudian dikembangkan menjadi langkah-langkah dalam melakukan pengembangan game edukasi berbasis android. Hasil pengembangan ini adalah game edukasi berbasis android untuk anak diskalkulia yang memuat materi pengenalan angka 1-30 dan operasi hitung dasar matematika. Game edukasi yang dikembangkan ini memuat empat menu utama yaitu materi latihan game dan exit. Berdasarkan hasil analisa data uji coba produk persentase kelayakan oleh pengguna (siswa) atau anak diskalkulia yang berusia 6-12 tahun mendapatkan persentase 81.6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa game edukasi yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan belajar dan bermain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17567

Actions (login required)

View Item View Item