Penerapan pendekatan saintifik dengan metode simulasi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP pokok bahasan aritmetika sosial / Selvaning Ayu Angesti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan saintifik dengan metode simulasi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP pokok bahasan aritmetika sosial / Selvaning Ayu Angesti

Angesti, Selvaning Ayu (2016) Penerapan pendekatan saintifik dengan metode simulasi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP pokok bahasan aritmetika sosial / Selvaning Ayu Angesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Angesti Selvaning Ayu. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP pada Pokok Bahasan Aritemtika Sosial. Jurusan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Askury M.Pd Kata Kunci pendekatan saintifik metode simulasi hasil belajar siswa. Berdasarkan pengalaman peneliti dan teman sejawat diketahui bahwa siswa masih kesulitan belajar matematika. Hal ini mungkin disebabkan oleh model atau metode pembelajaran yang diterapkan kurang bervariasi dan cenderung monoton. Model yang digunakan yaitu dengan cara guru menerangkan kemudian siswa diberi latihan soal. Dalam metode seperti ini keaktifan siswa kurang maksimal dan tidak termotivasi. Pada saat proses pembelajaran siswa tampak merasa jenuh bosan dan kurang memperhatikan guru. Berdasarkan permasalahan ini penulis mencoba melakukan upaya perbaikan dengan menerapkan suatu pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan belajar yaitu penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan metode simulasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah pendekatan saintifik dengan metode simulasi yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP pada pokok bahasan aritmetika sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP Negeri 13 Malang. Pengambilan data dilakukan dengan observasi tes catatan lapangan dan angket. Hasil dari penelitian ini berdasarkan paparan data dan hasil pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-D pada materi aritmetika sosial di SMP Negeri 13 Malang. Berikut adalah langkah-langkah pendekatan saintifik dengan metode simulasi 1. Penyampaian tata cara pembelajaran siswa menyampaikan tujuan pembelajaran dan guru memberikan motivasi terhadap siswa 2. Pembentukan kelompok secara heterogen 3. Guru menentukan topik yang akan disimulasikan siswa guru memilih pemeran guru memberikan gambaran masalah dalam simulasi dan guru memberi kesempatan untuk bertanya 4. Simulasi mulai dimainkan dan siswa lain mengamati jalannya simulasi 5. Simulasi dihentikan pada saat puncak 6. Guru mengajukan pertanyaan terkait soal cerita dan menunjuk siswa untuk menjawab 7. Siswa yang berperan kembali duduk kemudian berdiskusi pada kegiatan di LKS 8. Pada kegiatan berdiskusi guru berkeliling untuk mengontrol jalnnya diskusi dan memberi bantuan 9. Pada kegiatan mengomunikasikan salah satu kelompok presentasi di depan kelas 10. Guru menunjuk siswa yang ramai untuk membuat pertanyaan kemudian diminta untuk menjawab 11. Guru menggiring siswa untuk menyimpulkan hasil belajar dan melakukan Tanya jawab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17462

Actions (login required)

View Item View Item