Rahmadiana, Emmalia (2016) Penerapan pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi statistika untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Malang / Emmalia Rahmadiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahmadiana Emmalia. 2016. Penerapan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Mengenai Materi Statistika untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Malang. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. M Shohibul Kahfi M.Pd. Kata kunci pemahaman pendekatan realistic mathematic education Kemampuan memahami suatu masalah merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika. Meningkatnya pemahaman siswa khususnya pemahaman matematika ditandai dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam menyerap konsep-konsep dan algoritma matematika yang diajarkan oleh guru. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SMPN 20 Malang tingkat pemahaman siswa masih rendah dilihat dari cara siswa dalam mengerjakan soal yang diberikan oleh guru. Sehingga penulis ingin melakukan suatu penelitian untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan tujuan penelitian memperbaiki cara mengajar dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang materi statistika melalui pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus siklus pertama terdiri dari tiga pertemuan dan siklus kedua terdiri dari dua pertemuan. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII-B SMPN 20 Malang sebanyak 30 orang 14 laki-laki dan 16 perempuan. Pemilihan subyek dilakukan dengan memperhatikan kemampuan dan karakter para siswa serta dengan pertimbangan guru kelas. Penelitian dilakukan pada bulan Januari-Februari 2016. Kegiatan penelitian meliputi pembelajaran diskusi kelas presentasi dan pemberian tes. Data diperoleh dari nilai hasil tes akhir siklus hasil observasi aktivitas guru dan siswa dan catatan lapangan. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah jika 80% siswa tidak melakukan kesalahan konsep sejak awal penyelesaian soal persentase banyaknya siswa berkategori tuntas belajar minimal 80% dari banyaknya siswa satu kelas dengan kriteria ketuntasan belajar nilai tes 75 dan hasil observasi aktivitas guru dan siswa minimal 75%. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar sebesar 93% dan terdapat 2 siswa yang melakukan kesalahan dalam penghitungan hasil akhir pada materi menggambarkan diagram suatu data serta hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran siklus I termasuk dalam kategori baik dimana presentase rata-rata siklus I aktivitas aktifitas siswa adalah 82 37% dan aktivitas guru sebesar 83 33%. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 100% dari banyaknya siswa dalam kelas. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran siklus II termasuk dalam kategori Sangat Baik . Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII-B SMPN 20 Malang pada materi statistika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17438 |
Actions (login required)
View Item |