Efektifitas program pelatihan teknik kepabeanan cukai dasar di balai diklat keuangan Malang / Rahayu Intan Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas program pelatihan teknik kepabeanan cukai dasar di balai diklat keuangan Malang / Rahayu Intan Permatasari

Permatasari, Rahayu Intan (2020) Efektifitas program pelatihan teknik kepabeanan cukai dasar di balai diklat keuangan Malang / Rahayu Intan Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Pelatihan Teknis Kepabeanan dan Cukai Dasar (PTKC) merupakan salah satu program pelatihan yang diselenggarakan oleh Pusdiklat yang dilaksanakan di Balai Diklat Keuangan Malang selaku unit pelaksana program pelatihan. Pelatihan PTKC merupakan merupakan program pelatihan untuk membentuk pegawai Direktorat Jendral Bea dan Cukai yang memiliki keterampilan dan profesionalitas dalam melakukan tugas-tugas sebagai pelaksana teknis di bidang Kepabeanan dan Cukai sesuai dengan tugas dan fungsi dan kode etik DJBC. Indikator dalam mengukur tingkat keberhasilan program dapat dilihat dari segi pelaksanaan pelatihan sesuai jadwal yang ditetapkan penyelenggaraan pelatihan berjalan dengan baik penggunaaan sarana dan prasarana hingga tercapainya tujuan program pelatihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Program Pelatihan Teknis Kepabeanan dan Cukai Dasar (PTKC). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis data deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 peserta DJBC dalam satu angkatan. Dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah 30 orang peserta yang mengikuti pelatihan. Peneliti menggunakan instrumen berupa kuesioner dalam bentuk google form. Uji validitas instrumen yang digunakan yaitu rumus kolerasi product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alfa Cronbach. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Program Pelatihan Teknis Kepabeanan dan Cukai Dasar (PTKC) ditinjau dari aspek reaction memiliki tingkat efektivitas yang sangat tinggi hal ini dapat dilihat dari tingkat kepuasan peserta terhadap materi instruktur sarana dan prasarana yang mendukung program pelatihan. Ditinjau dari aspek learning memiliki tingkat efektivitas yang sangat tinggi hal tersebut terjadi karena peserta pelatihan mampu memahami materi yang disampaikan oleh instruktur dengan baik serta peserta pelatihan juga mampu mengaplikasikan serta mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh ketika mengikuti pelatihan. Berdasarkan hasil penelitian dapat didapatkan saran serta masukan untuk (1) Balai Diklat Keuangan Malang sebagai salah satu masukan dalam menyelenggarakan pelatihan. (2) Pendidikan Luar Sekolah hasil penelitian dapat dijadikan acuan untuk menunjang bidang keilmuan dalam menyelenggarakan program pelatihan. (3) peneliti selanjutnya dapat melengkapi aspek-aspek lain yang mendukung efektivitas program pelatihan yang belum ada dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/174345

Actions (login required)

View Item View Item