Maharani, Dian (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing pada materi Barisan dan Deret Tak Hingga untuk siswa kealas XI MIA / Dian Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maharani Dian. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Barisan dan Deret Tak Hingga untuk Siswa Kelas XI MIA. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Latifah Mustofa Lestyanto S.Si. M.Pd. Kata Kunci perangkat pembelajaran penemuan terbimbing barisan dan deret tak hingga Tujuan pembelajaran yang tercantum dalam kurikulum 2013 (K13) dapat tercapai jika proses pembelajaran dilakukan dalam keadaan kondusif menarik dan bermakna. Proses pembelajaran ini dapat tercapai jika guru melakukan perencanaan proses dan penilaian dengan baik. Perencanaan pembelajaran dapat dilakukan dengan membuat RPP dan mengacu pada sumber belajar seperti buku teks pelajaran yang telah ditetapkan pemerintah. Kenyataannya ada beberapa bagian dari buku teks tersebut yang kurang sesuai dan masih perlu diperbaiki. Adanya ketidaksesuaian itu membuat guru perlu mengembangkan LKS yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan tuntutan K13. Selain melakukan perencanaan metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran juga harus mendorong siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu metode tersebut adalah metode penemuan terbimbing. Perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang memuat aktivitas-aktivitas yang disesuaikan dengan perpaduan tahapan pembelajaran pada pendekatan saintifik dengan metode penemuan terbimbing. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah membuat perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing pada materi barisan dan deret tak hingga yang valid praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Plomp (dalam Hobri 2010) dengan fase penelitian terdiri atas (1) fase investigasi awal (2) fase desain (3) fase realisasi (4) fase tes evaluasi dan revisi serta (5) fase implementasi. Hanya fase 1 4 saja yang digunakan dalam penelitian ini. Uji kevalidan dilakukan oleh validator ahli dan validator praktisi. Sedangkan uji kepraktisan dan uji keefektifan dilakukan dengan menerapkan produk pada 34 siswa kelas XI sebagai subjek uji coba dengan diamati oleh dua orang observer / pengamat. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) skor validasi RPP dan LKS berturut-turut adalah 3 189 dan 3 275 (2) skor kepraktisan 3 26 (3) skor keefektifan 3 26 dan (4) 94 12% siswa mendapatkan nilai ulangan harian di atas 2 67 untuk skala 0 4 00. Dengan demikian perangkat pembelajaran ini telah dinyatakan valid praktis dan efektif. Meskipun begitu revisi tetap dilakukan berdasarkan saran dari validator dan hasil uji coba demi penyempurnaan produk yang dikembangkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17424 |
Actions (login required)
View Item |