Wahyurisliana, Yuli (2014) Penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas VIII B SMP Negeri 4 Malang / Yuli Wahyurisliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wahyurisliana Yuli. 2014. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII B SMPN 4 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Tri Hapsari M.Pd. Kata kunci Pembelajaran penemuan terbimbing hasil belajar matematika siswa. 12288 12288 12288 12288 Seorang guru harus mampu menerapkan metode pembelajaran dengan tepat dan sesuai dengan kemampuan intelektual siswa agar siswa terbiasa menemukan mencari dan mendiskusikan sesuatu yang berkaitan dengan pelajaran dimana pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Dalam hal hasil belajar tersebut untuk siswa kelas VIII masih jauh dari harapan khususnya untuk mata pelajaran matematika. Menanggapi hal tersebut maka perlu adanya perbaikan dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Salah satunya dengan meggunakan model penemuan terbimbing diharapkan model tersebut dapat membantu dalam meningkatkan hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Malang tanggal 8 Februari sampai 16 Februari 2014. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari siklus I dan siklus II. Tingkat keberhasilan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dengan mengamati peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II dan penelitian dikatakan berhasil jika hasil belajar matematika siswa mencapai . Instrumen yang digunakan untuk mengukur ketuntasan hasil belajar matematika siswa adalah tes di akhir siklus. Tindakan yang dilakukan adalah pemberian apersepsi dan motivasi dengan mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari membimbing siswa dalam memecahkan masalah dengan memberi arahan dan penjelasan yang dapat membantu tiap kelompok yang mengalami kesulitan dan lebih memperhatikan setiap kelompok yaitu dengan mendatangi dan bertanya pada tiap-tiap anggota kelompok presentasi hasil pekerjaan kelompok untuk melatih kepercayaan diri dengan memberi pujian untuk siswa yang presentasi ke depan menyimpulkan hasil pekerjaan tiap-tiap kelompok yang merupakan hasil dari pembahasan materi yang dipelajari dan memberi tes akhir yang dikerjakan siswa secara individu di akhir siklus. Tindakan-tindakan tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa yaitu ketuntasan hasil belajar matematika siswa pada siklus I adalah 67 5% kemudian dilakukan tindakan siklus II sehingga ketuntasan hasil belajar matematika siswa meningkat menjadi 85%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17374 |
Actions (login required)
View Item |