Pengembangan media pembelajaran buku saku materi luas permukaan bangun ruang untuk jenjang SMP / Inayatul Fithriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran buku saku materi luas permukaan bangun ruang untuk jenjang SMP / Inayatul Fithriyah

Fithriyah, Inayatul (2013) Pengembangan media pembelajaran buku saku materi luas permukaan bangun ruang untuk jenjang SMP / Inayatul Fithriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fithriyah Inayatul. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buku Saku Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Untuk Jenjang SMP. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdur Rahman As ari. M.Pd M.A Kata kunci Pengembangan Media Pembelajaran Media Pembelajaran Buku Saku Luas Permukaan Bangun Ruang. Tujuan yang ingin dicapai melalui pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran buku saku. Spesifikasi produk yang diharapkan dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah buku saku dengan materi luas permukaan bangun ruang. Buku saku ini berisi tentang materi-materi tentang luas permukaan bangun ruang kumpulan soal-soal UAS (Ujian Akhir Sekolah) UN (Ujian Nasional) maupun OSN (Olimpiade Sains Nasional) beserta alternatif penyelesaiannya. Selain itu buku saku juga dilengkapi lab mini yang berisi soal-soal sebagai latihan pengguna buku saku. Buku saku yang dikembangkan penulis berukuran dengan menggunakan jenis huruf Calibri Berukuran 11. Buku saku ini di desain dengan gambar dan warna-wana yang menarik. Pengembangan media pembelajaran buku saku ini dilakukan dengan model 3-D. Secara singkat tahapan dalam penelitian ini antara lain Define (Pendefinisian) Design (Perancangan) dan Develop (Pengembangan). Tahap Define dilakukan untuk memperoleh informasi tentang kebutuhan yang ada di lapangan untuk membantu pengembangan. Kemudian dilanjutkan dengan pendefinisian produk yang dikembangkan yaitu media cetak buku saku. Tahap Design dilakukan dengan merancang bentuk dasar dari produk yang akan dikembangkan. Sedangkan tahap Develop dilakukan dengan validasi dan uji coba produk untuk memperoleh produk yang valid praktis dan efektif. Hasil validasi dan uji coba di lapangan menunjukkan respon yang positif. Sehingga produk buku saku yang dihasilkan layak digunakan untuk siswa jenjang SMP dalam pembelajaran materi luas permukaan bangun ruang. Karena uji coba yang dilakukan dalam pengembangan ini masih pada kelompok kecil maka para calon guru dapat melanjutkan penelitian ini hingga tahap Disseminate dan uji coba di kelas sebenarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17348

Actions (login required)

View Item View Item