Pengembangan storytelling untuk pengenalan pemrograman sederhana dengan pendekatan object oriented programming di sekolah dasar / Anggita Putri Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan storytelling untuk pengenalan pemrograman sederhana dengan pendekatan object oriented programming di sekolah dasar / Anggita Putri Ningrum

Ningrum, Anggita Putri Ningrum (0000) Pengembangan storytelling untuk pengenalan pemrograman sederhana dengan pendekatan object oriented programming di sekolah dasar / Anggita Putri Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan kompetensi siswa di era revolusi industri 4.0 mencantumkan muatan informatika dalam pelajaran disekolah dasar. Muatan informatika yang memuat logika pemrograman menjadi penting dikenalkan kepada siswa tingkat sekolah dasar. Belajar pemrograman sejak dini akan sangat bermanfaat bagi siswa. Pemrograman bukan hanya sekedar menjadi wawasan pengetahuan namun juga dapat melatih siswa dalam kemampuan berpikir berkreasi dan penyelesaian masalah. Materi abstrak dan kompleks tentang pemrograman jika berbasis coding akan sangat sulit dipahami jika langsung diberikan kepada siswa sekolah dasar. Pengembangan storytelling dengan pendekatan Object Oriented Programming (OOP) untuk pengenalan pemrograman sederhana menjadi relevan diterapkan. Storytelling membantu peserta didik meningkatkan fokus dan sikap afektif peserta didik dalam mendengarkan dan mengikuti perintah tugas yang tersirat dalam cerita. Storytelling secara bersamaan juga mengakomodir materi pengenalan pemrograman sederhana menjadi pemahaman kognitif dan latihan psikomotorik bagi peserta didik. Pendekatan OOP menjadikan instruksi kerja atau program akan mudah diikuti oleh siswa sekolah dasar karena tidak menggunakan bahasa pemrograman yang sulit. OOP memfasilitasi kontrol kerja yang berorientasi kepada objek/karakter. secara perlahan Storytelling dengan pendekatan OOP akan mengantarkan peserta didik untuk memahami logika pemrograman pada kegiatan pembelajaran pengenalan pemrograman sederhana disekolah dasar. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini mencakup lima tahapan yang meliputi analisis (analysis) desain (design) pengembangan (development) implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Hasil pengembangan storytelling untuk pengenalan pemrograman sederhana dengan pendekatan OOP di sekolah dasar ini memenuhi kriteria valid. Presentase nilai angket validasi ahli media mencapai 96% ahli desain pembelajaran mencapai 91% pengguna I mencapai 92% dan pengguna II 93%. Adapun pengembangan ini mendapat komentar dan respon yang sangat positif. Pengembangan sangat bagus sebab bisa melatih siswa dapat multitasking. Pengembangan mampu membantu siswa dalam memahami materi dan menunjang perkembangan siswa dalam pembelajaran pemrograman. Sehingga disimpulkan bahwa pengembangan storytelling untuk pengenalan pemrograman sederhana dengan pendekatan OOP di sekolah dasar ini valid/sangat layak untuk digunakan. Pengembangan ini membuat proses belajar yang kondusif segar dan memotivasi peserta didik untuk terus berlatih berkreasi dan mengambil pesan moral agar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Sep 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/173216

Actions (login required)

View Item View Item