Penyelenggaraan layanan konseling individu di SMU Muhammadiyah II Malang <BR>oleh Ismail Moh. Saud - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyelenggaraan layanan konseling individu di SMU Muhammadiyah II Malang <BR>oleh Ismail Moh. Saud

Saud, Ismail Moh. (2003) Penyelenggaraan layanan konseling individu di SMU Muhammadiyah II Malang <BR>oleh Ismail Moh. Saud. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTIIAK Saud tsmail M. 2002 I enl elenggaraan l uyunun Konseling Indivitlu di SM(] Muhammadiyah II Malung. Skripsi Jurusan Bimbingan Konseling dan PsikologiF IP UniversitasN egeri Malang Pembirnbing( 1) Drs. M. Rarnli M.A. (2) Dra. Nurhidayah M .Pd. Kata Kunci Layanan Konseling lndividu SMA Layanan konseling individu di sekolah merupakan salah satu bagran dari layanan bimbingan dan konsehng di sekolah Layanan konseling di sekolah dapat terlaksanan dengan baik apabila di dalam penyelenggaraan tersebut terdapat perencanaan yang baik Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam penyelenggaraalany anank onseling individu di SMU MuhammadiyahI l Malang ini antaral ain (1) Perencanaan( 2 ) Pelaksanaan( 3 ) Evaluasi ( 4) Hambatand an (5) Upaya-upaysae lanlutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mencari sampai di mana penyelenggaraan layanan konseling tersebut dapat berjalan dengan baik dengan melibatkan dua orang konselor yang berlatar belakang Sarjana Pendidikan Bimbingan dan Konseling dan yang satu adalah guru bidang studi yang telah di beri kepercayaan oleh Kepala Sekolah untuk menjadi koordinalor Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini dilaksanakand i SMU Muhammadiyah Il Malang pada bulan Mei 2002. Rancangan penelrtian yang digunakan adalah rancangan penelitian deskriptif kuantitatif Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data yang berupa angket Analisis hasrl penelitian menggunakan analisis statistik berupa analisis persentase. Aspek yang diteliti dalarnp enelitian ini adalah( l) Perencanaanla yanank onseling (2) Pelaksanaalna yanank onseling ( 3) Evaluasi layanank onseling (4) Hambatan dalam layanan konseling dan (5) Upaya-upaya yang harus dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (l) Berdasarkan data yang ada bahwa kegiatan pada penyelenggaran layanan konseling adalah Adanya dukungan dari Kepala Sekolah wali kelas dan staf sekolah yang lain menyebarkan angket daftar cek masalah sesuai dengan kebutuhan siswa waktu konsehng yang dipergunakano leh masing-rnasing konselor sangatb ervariasi mulai dari 60 menit danlarang kurang dari 60 menit (2) Cara yang sering dilakukan sangat berbeda pula ada dua orang konselor yang kliennya di panggil dan sisanya jarang masalahmasalah yang sering diutarakan oleh kiien adalah masalah bela1ar pacaran dan pribadi sosial dan jenis pendekatan yang digunakan sesuai dengan latar belakang masalah dari ktien (3) Pada saat menangani masalah klien konselor tidak pemah melakukanla yananr eferal u ntuk memperjelaste ntangm asalahk lien konselors elalu memanggil orang tua klien ke sekolah keterlibatan Kepala Sekolah dan staf sekolah hanya untuk membantu bagaimana hasil dari program layanan konseling. adapun bentuk laporan yang dibuat adalah dengan periode tiap bulan dan tiap tahun (4) Suasanaru ang konseling yang tidak mendukung serta kurang adanya perhatian dari Kepala Sekolah sehingga selama melaksanakan konseling konselor hanya mcnggunakalna silitas apa adanya dan (-5) Ada kemarnuanu ntuk mcmrkirkan perubahapnr ogramb imbingand an konselingd enganm enrbuats urat permohonan kepadaK epala Sekolah untuk ikut rnernperlratikank ekurangan1 anga da di ruang bimbingadna nk onseling. Untuk rrreningkalkan polensi kerta di antara konsclor Kepala Sekolah dan staf sekolah terutama u ali kelas pada program bimbingan dan konseling di sekolahharusp ertin-rbangkatne rlcbrh dahulu hal-hal irang berhubLrngadne ngan bimbingan dank onselingit u sendirjy aitu ( t) Adanyak erjasama1 angh arrnonisa ntaraK epala Sekolah dan konselor dalam menyikapi tasilita yang ada. (2) Adani a kcrlasama antarak onselodr anw ali kelasa pabilad itemukank e.ianggalapna dad iri siswan) a( i ) Adanya kerlasama anlara konselor dengan orang lua klien dalarn rnenghadapi masalah-v angte rjadit erutamate ntangm asalahd ari klien.( 4) il4embualta poranv ang seetisient nungkin dengan rrrcnlperhatikakne butuhanv ang diinginkan dan (-5) Mengalak sisrva untuk menggunakan ruang bimbingan dan konselirrg untuk menr clesaikamn asalahnva.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 May 2003 04:29
Last Modified: 09 Sep 2003 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/172264

Actions (login required)

View Item View Item