pengaruh stress akademik siswa terhadap kepatuhan kepada otoritas smp negeri 2 pare kabupaten kediri / dina okta nur wirananda - Repositori Universitas Negeri Malang

pengaruh stress akademik siswa terhadap kepatuhan kepada otoritas smp negeri 2 pare kabupaten kediri / dina okta nur wirananda

Wirananda, Dina Okta Nur Wirananda (2021) pengaruh stress akademik siswa terhadap kepatuhan kepada otoritas smp negeri 2 pare kabupaten kediri / dina okta nur wirananda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa sebagai individu bermoral dan generasi muda penerus bangsa berkewajiban memberikan teladan yang baik bagi masyarakat. Namun dewasa ini banyak dijumpai fenomena dimana siswa menunjukkan perilaku tidak patuh kepada figur otoritas di sekolah. Beberapa studi menunjukkan bahwa stress akademik menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku kepatuhan terhadap otoritas pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh stress akademik terhadap kepatuhan kepada otoritas pada siswa SMP Negeri 2 Pare Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif kausalitas dengan analisis regresi linier sederhana. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling yaitu secara acak pada setiap kelas VIII SMP Negeri 2 Pare. Responden dalam penelitian ini berjumlah 190 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan bantuan skala yaitu Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA) dan Obedient-Disobedient Tendency Scale. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa stress akademik berpengaruh terhadap kepatuhan kepada otoritas pada siswa SMP Negeri 2 Pare Kabupaten Kediri (R 0 359 R2 0 129 p lt 0 05).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/172165

Actions (login required)

View Item View Item