hubungan antara penyesuaian akademis dan stress akademik mahasiswa baru universitas negeri malang angkatan 2020 / faradiba permatahati - Repositori Universitas Negeri Malang

hubungan antara penyesuaian akademis dan stress akademik mahasiswa baru universitas negeri malang angkatan 2020 / faradiba permatahati

Permatahati, Faradiba Permatahati (2021) hubungan antara penyesuaian akademis dan stress akademik mahasiswa baru universitas negeri malang angkatan 2020 / faradiba permatahati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahasiswa baru sebagai masa di tahun pertama perkuliahan menjadi sesuatu yang menantang bagi mahasiswa karena adanya masa transisi dari SMA ke Perguruan Tinggi. Transisi ketika tidak bisa diatasi dengan baik akan mengalami berbagai gangguan psikologis salah satunya adalah stres. Stres yang terjadi di lingkungan akademik dinamakan stres akademik. Stres akademik ketika tidak mampu diatasi cenderung terjadi permasalahan akademik sehingga agar mahasiswa baru tidak mengalami stres akademik maka perlu melakukan penyesuaian akademis untuk memenuhi tuntutan akademis yang ada. Mahasiswa perlu untuk memiliki kesiapan untuk melakukan penyesuaian akademis agar tuntutan dan persyaratan akademis yang ada dapat terjadi dengan baik dan mencapai keberhasilan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran penyesuaian akademis stres akademik dan mengetahui hubungan antara penyesuaian akademis dan stres akademik mahasiswa baru Universitas Negeri Malang angkatan 2020. Penelitian ini menggunakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode incidental sampling dalam pemilihan sampel dan didapatkan total sampel sejumlah 336 mahasiswa baru Universitas Negeri Malang angkatan 2020 selain Fakultas Pascasarjana. Peneliti menggunakan dua jenis skala yakni skala penyesuaian akademis dan skala stres akademik yang dibuat sendiri oleh peneliti dengan melihat teori yang ada. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif uji asumsi dan uji hipotesis. Pengkategorisasian skor responden menggunakan 5 kategori dengan melihat nilai mean empirik yakni sangat rendah rendah sedang tinggi dan sangat tinggi. Hasil dari penelitian ini yaitu stres akademik mahasiswa baru sebagian besar berada pada kategori sedang. Penyesuaian akademis mahasiswa baru sebagian besar berada pada kategori tinggi. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara penyesuaian akademis dan stres akademik dimana semakin rendah penyesuaian akademis mahasiswa baru Universitas Negeri Malang angkatan 2020 maka semakin tinggi stres akademik yang dimiliki dan sebaliknya semakin tinggi penyesuaian akademis mahasiswa baru Universitas Negeri Malang angkatan 2020 maka semakin rendah stres akademik yang dimiliki. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini ditujukan kepada mahasiswa baru dosen dan peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/172060

Actions (login required)

View Item View Item