Pengembangan media pembelajaran berbantuan kompuyer pada mata pelajaran IPA kelas IV semester 2 di SDN Tebalo Kab. Gresik / M. Hanif Syamsu R. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbantuan kompuyer pada mata pelajaran IPA kelas IV semester 2 di SDN Tebalo Kab. Gresik / M. Hanif Syamsu R.

Syamsu, M. Hanif (2011) Pengembangan media pembelajaran berbantuan kompuyer pada mata pelajaran IPA kelas IV semester 2 di SDN Tebalo Kab. Gresik / M. Hanif Syamsu R. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Mata Pelajaran IPA. Media adalah suatu alat yang berfungsi sebagai perantara atau saluran dalam kegiatan pembelajaran antara komunikator (penyampai pesan) dan komunikan (penerima pesan). Berdasarkan hasil pengamatan awal melihat kondisi yang terjadi pada saat proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA dikelas IV di SDN Tebalo Gresik. Belum terjadinya proses pembelajaran yang efektif selain karena bahan (media) pembelajaran yang digunakan selama ini dipandang kurang efektif karena bahan pembelajaran yang dijadikan referensi masih terbatas pada media cetak berupa buku teks LKS fotocopy materi pelajaran. Begitu juga rendahnya motivasi belajar siswa karena kurangnya keterlibatan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Selain itu metode yang digunakan masih belum ada variasi sehingga peserta didik merasa jenuh. Dalam hal ini media pembelajaran berbantuan komputer sebagai media pembelajaran dapat membantu peserta didik untuk belajar berpikir aktif serta mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Meskipun penggunaan media pembelajaran berbantuan komputer tidak dapat menggantikan posisi guru dalam proses pembelajaran di kelas akan tetapi dengan menggunakan media berbantuan komputer tersebut dalam penyampaian materi pelajaran akan lebih mudah pembelajaran akan lebih menarik dan kualitas hasil belajar dapat ditingkatkan serta dapat membangkitkan sikap positif peserta didik dalam memahami materi pelajaranya. Tujuan pengembangan media pembelajaran komputer adalah untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan media pembelajaran berbantuan komputer dalam pembelajaran pendapat peserta didik tentang penggunaan pembelajaran berbantuan komputer serta pengaruh penggunaan pembelajaran berbantuan komputer terhadap kondisional pembelajaran peserta didik dikelas. Selanjutnya untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan pengumpulan data melalui metode tes sebagai instrumen pokok dokumentasi observasi dan angket sebagai instrumen pendukung. Metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA sedangkan angket digunakan untuk mengetahui pendapat siswa tentang penggunaan pembelajaran berbantuan komputer dalam pembelajaran. Media pembelajaran ini diujikan kepada ahli media sebanyak 2 orang ahli materi sebanyak 1 orang dan audien (peserta didik) sebanyak 20 orang. Media pembelajaran berbantuan komputer untuk peserta didik di SDN Tebalo Gresik dinyatakan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dibuktikan bahwa hasil perhitungan statistik data ahli media menunjukkan bahwa jawaban responden ahli media 8 aspek menunjukkan persentase 100% sedangkan 7 aspek menunjukkan persentase 87 5%. Sehingga secara keseluruhan tingkat validitas (kelayakan) media diperoleh 94 1 % berdasarkan kriteria itu media tersebut layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Dari ahli materi menunjukkan bahwa jawaban responden ahli materi 7 aspek menunjukkan persentase 100% berarti (layak) sedangkan sebanyak 3 aspek yang menunjukkan persentase 75% berarti (cukup layak). Sehingga secara keseluruhan tingkat validitas(kelayakan) media diperoleh 92 5 % dengan kriteria media tersebut layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Dari audiens (peserta didik) secara perorangan menunjukkan bahwa jawaban responden jawaban responden Audien (siswa) dalam 7 aspek menunjukkan persentase antara 85 5 % sampai 94 7% berarti (layak). sedangkan sebanyak 3 aspek yang menunjukkan persentase antara 77 6 % sampai 78 9 % berarti (cukup layak). Sehingga secara keseluruhan tingkat validitas(kelayakan) media tersebut diperoleh 85 6 % dengan kriteria media tersebut layak dan peserta didik merasa terbantu dalam belajarnya. Sedangkan untuk hasil belajar siswa menunjukkan Harga t hitung 8 16 dan d.b 19 kemudian dilakukan pengetesan pada tabel ttabel. Pada taraf signifikansi 5% 2 093. Bila dibandingkan dengan harga thitung maka 8 16 2 093. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sesudah menggunakan media pembelajaran berbantuan komputer lebih baik dari pada sebelum menggunakan media pembelajaran berbantuan komputer hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu media pembelajaran ini memberikan efek positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa terutama siswa dengan tingkat pengetahuan yang masih rendah dan itu dapat membuktikan bahwa media pembelajaran berbantuan komputer dalam penggunaannya efektif dalam pembelajaran. Dengan demikian secara umum menunjukkan bahwa media pembelajaran berbantuan komputer ini Layak dapat digunakan dalam proses belajar-mengajar mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Tebalo Gresik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View Item View Item