Penerapan pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTS Al-Maarif 01 Singosari / Cendika M. Syuro - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTS Al-Maarif 01 Singosari / Cendika M. Syuro

Syuro, Cendika M. (2013) Penerapan pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTS Al-Maarif 01 Singosari / Cendika M. Syuro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Syuro Cendika M. 2013. Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Al - Maarif 01 Singosari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Mulyati M. Pd (II) Drs. Askury M. Pd Kata kunci Problem Based Learning (PBL) Hasil Belajar Pecahan Dalam kegiatan pembelajaran di kelas aktivitas belajar siswa kelas VII F MTs Al Maarif 01 Singosari seringkali menerapkan metode ceramah dan penugasan. Guru menjelaskan kemudian siswa mencatat guru memberi tugas dan siswa mengerjakan tugas yang diberikan. Pembelajaran yang dilakukan selama ini berpusat pada guru. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu perubahan dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode Problem Based Learning (PBL) suatu metode pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai konteks belajar bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII F MTs Al Maarif 01 Singosari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di MTs Al-Maarif 01 Singosari sebanyak 2 siklus dengan subyek penelitian 41 siswa kelas VII F MTs Al-Maarif 01 Singosari tahun 2012/2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan hasil tes dan peningkatan rata-rata hasil belajar matematika siswa dimana sebanyak 58 53% siswa mengalami peningkatan pada siklus I dan 75 61% siswa mengalami peningkatan pada siklus II. Berdasarkan pengamatan sikap secara afektif banyak siswa yang mendapat nilai C pada siklus I ada 15 siswa. Selain itu respon positif juga ditunjukkan siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan. Dengan meningkatnya hasil belajar siswa maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Based Learning yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dilakukan melalui langkah-langkah berikut (1) (a) memberikan masalah dalam bentuk LKS pada masing-masing siswa (b) membagi siswa dalam kelompok (c) membimbing siswa baik secara individu maupun kelompok dalam upaya pengerjaan LKS (d) meminta siswa untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan (e) mendiskusikan jawaban yang tepat dari pertanyaan yang tercantum dalam LKS serta membuat kesimpulan. Sebagai saran untuk peneliti selanjutnya yang ingin menerapkan PBL dalam pembelajaran hendaknya peneliti melakukan pergantian anggota kelompok di tiap siklus untuk menghindari kebosanan siswa terhadap metode ini. Penggantian anggota kelompok ini juga berfungsi untuk membiasakan siswa berkelompok dengan siswa lain di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17177

Actions (login required)

View Item View Item