Penyelesain Multiple Depot Vehicle Routing Problem (MDVRP) menggunakan metode insertion heuristic / Dima Prihatinie - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyelesain Multiple Depot Vehicle Routing Problem (MDVRP) menggunakan metode insertion heuristic / Dima Prihatinie

Prihatinie, Dima (2013) Penyelesain Multiple Depot Vehicle Routing Problem (MDVRP) menggunakan metode insertion heuristic / Dima Prihatinie. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Graph Vehicle Routing Problem (VRP) Multiple Depot Vehicle Routing Problem (MDVRP) Metode Insertion Heuristic. Permasalahan MDVRP merupakan permasalahan VRP dengan kondisi dimana depot yang digunakan sebagai pusat distribusi barang lebih dari satu. Tujuan dari permasalahan MDVRP adalah membentuk rute pendistribusian pada masing-masing depot sehingga diperoleh jarak tempuh yang minimum dimana setiap customer hanya dikunjungi satu kali oleh tepat satu kendaraan dengan setiap rute berawal dan berakhir di depot yang sama dan total permintaan dari customer dalam satu rute tidak boleh melebihi kapasitas angkut kendaraan. Penyelesaian MDVRP dapat dilakukan dengan beberapa metode diantaranya menggunakan metode Insertion Heuristic. Pencarian solusi dimulai dengan mengelompokkan customer pada depot terdekat kemudian pembentukan rute kendaraan dilakukan secara terpisah untuk masing-masing depot menggunakan metode Insertion Heuristic. Langkah terakhir yaitu pengurutan rute pada tiap depot sehingga diperoleh jarak tempuh yang minimum. Terdapat 4 contoh permasalahan MDVRP yang dibahas dalam skripsi ini. Pada contoh 1 2 dan 3 dengan 2 depot menghasilkan 3 rute. Pada contoh 4 dengan 3 depot menghasilkan 6 rute. Jadi permasalahan MDVRP dengan 2 depot atau lebih akan menghasilkan rute kendaraan yang tidak dapat dipastikan banyaknya. Hal tersebut tergantung pada banyaknya customer jumlah permintaan tiap customer dan kapasitas angkut kendaraan. Berdasarkan pembahasan pada skripsi ini terlihat bahwa permasalahan MDVRP yang diselesaikan menggunakan metode Insertion Heuristic memiliki hasil yang sama atau lebih optimal bila dibandingkan dengan penyelesaian menggunakan algoritma Clark and Wright pada skripsi Anissa Masruroh. Hal ini disebabkan karena metode Insertion Heuristic melakukan penyisipan pada sisi yang bernilai minimum. Dengan kata lain urutan dalam melayani customer diperhatikan. Sedangkan pada algoritma Clark and Wright perluasan rute dilakukan dengan menggabungkan rute yang telah terbentuk tanpa memperhatikan urutan dalam mengunjungi customer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17166

Actions (login required)

View Item View Item